Ada orang bilang bahwa pasangan adalah cerminan diri. Namun, tidak sedikit pula yang memiliki pasangan yang bertolak belakang dari diri. Ada yang sama-sama dewasa, salah satuya dewasa, salah satunya kekanakan, atau bahkan keduanya kekanak-kanakan. Sering kali kita kehabisan akal, bagaimana cara menghadapi pasangan kita yang kekanak-kanakan.

Karena, tidak mudah membangun hubungan bersama dia yang masih seperti anak kecil. lalu bagaimana mengatasinya? Berikut ini tips untuk menghadapi pasangan yang masih kekanak-kanakan.

1. Jangan memaksakan
Saat kita menginginkan ia berubah menjadi tidak seperti anak kecil lagi atau childish. Kita tidak bisa terus memaksanya atau menekannya untuk berubah. Karena, pada dasarnya yang perlu kita lakukan saat kita ingin ia berubah adalah membimbingnya. jangan hanya menuntut tanpa menuntun.

2. Sabar
Seringkali, sikapnya yang kekanakan membuat kita mudah terpancing emosi. Apalagi saat ia bersikap egois dan ingin menang sendiri layaknya anak kecil. Kita tidak bisa lantas marah begitu saja. Kita harus mengingatkannya dengan penuh sabar dan kedewasaan yang lembut. Sehingga perlahan ia mau berubah dengan sendirinya.

3. Coba mengerti jalan pikirannya
Sekali waktu cobalah mengerti jalan pikirannya. Sebelum kita menuntut agar ia mengerti apa mau kita? Ada baiknya kita untuk sekali waktu mengerti jalan pikirannya agar kita paham sebenarnya apa yang membuatnya bersikap seperti itu. Karena, kita tidak bisa selamanya menuntut untuk dipahami tanpa memahami terlebih dahulu.

4. Bicarakan baik-baik
Saat sikap kekanakannya muncul dan mulai membuat kita emosi, cobalah untuk perlahan membicarakan dengan dirinya. Agar ia dapat berubah dan mengurangi sifat kekanakannya. Jika kita membicarakannya dengan kepala dingin, lambat laun ia akan berubah.

Jangan pernah membicarakannya dengan emosi yang meluap-luap, menyalahkannya, atau lain sebagainya. Karena dalam hubungan kita harus bisa saling menghargai dan memahami satu sama lain.

Pada dasarnya, hubungan apapun, dengan siapa pun kita menjalaninya, yang perlu kita lakukan dan pertahankan adalah, sikap saling memahami dan percaya. Dengan memahami kita dapat memaklumi dan membantunya berubah dari sikap buruknya. Juga dengan saling memahami kita dapat saling mengisi satu sama lain.

Tidak ada yang sempurna di bumi ini. Jadi, jangan hanya menuntut pasanganmu untuk berubah, tapi harus mau pula untuk menuntunnya.