Kamu yang tinggal di kota Jakarta pasti mengetahui kebijakan ganjil-genap yang berlaku di beberapa jalan. Untuk mengantisipasi Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada 12 Agustus-2 September 2018, pemerintah akan memberlakukan perluasan pembatasan ganjil-genap.

Beberapa daerah yang terkena perluasan tersebut seperti Jalan Benyamin Sueb, Jalan MT Haryono-DI Panjaitan, simpang Cawang-simpang Tomang, dan simpang Kartini-simpang Pondok Indah. Pembatasan ganjil-genap diberlakukan dari pukul 06.00 WIB sampai 21.00 WIB selama Asian Games 2018 berlangsung. Berikut Carsome berikan tips untuk mengakali jalur ganjil-genap Asian Games 2018.

1.Berangkat lebih pagi

Tips mengakali jalur ganjil genap Asian Games 2018

Source: otoniaga.com


Cara yang satu ini memang paling ampuh untuk menghindari kemacetan. Jika kantormu berada di daerah Jakarta dan kamu tetap ingin menggunakan mobil pribadi, maka dengan berangkat lebih pagi, kamu bisa melalui jalur ganjil-genap karena pembatasannya hanya berlangsung dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. kamu juga tidak akan terkena macet dengan berangkat lebih pagi.

2. Transportasi umum

Tips mengakali jalur ganjil genap Asian Games 2018

Source: transjakarta.co.id
Transportasi umum menjadi solusi terbaik yang ditawarkan oleh pemerintah selama Asian Games 2018. Kamu tidak perlu khawatir karena transportasi umum seperti Transjakarta dan Kereta Api sudah memiliki fasilitas seperti AC yang akan membuat kamu nyaman selama perjalanan. Perlu diingat kamu juga harus bangun lebih awal agar mendapatkan tempat duduk dan tidak berdesak-desakan.

3. Google Maps atau Waze

Tips mengakali jalur ganjil genap Asian Games 2018

Source: teknologi.metrotvnews.com
Tahukah kamu jika Google Maps dan Waze sekarang sudah memiliki fitur ganjil-genap? Kamu bisa mencobanya dengan mengaktifkan GPS terlebih dahulu. Pada Google Maps, kamu harus menentukan lokasi tujuan terlebih dahulu, lalu akan muncul pop-up berisi opsi berdasarkan plat nomer kamu. Pada Waze, kamu bisa menemukannya pada bagian Settings lalu License plate restriction dan memasukkan 2 digit terakhir nomor plat kendaraanmu.

4. Naik sepeda motor

Tips mengakali jalur ganjil genap Asian Games 2018

Source: liputan6.com
Beruntungnya, kebijakan perluasan hanya berlaku untuk penggunaan mobil pribadi. Kamu yang menggunakan sepeda motor masih bisa melalui jalur ganjil-genap. Kamujuga bisa sampai di tempat tujuan dengan mudah dan cepat.