Sibuknya aktivitas sehari-hari kadang memang membuat pikiran terasa penat dan tubuh kurang segar. Terlebih udara perkotaan yang kotor karena polusi kendaraan yang tidak henti sepanjang hari.

Salah satu cara untuk me-refresh tubuh dan pikiran agar kembali segar dan bugar adalah berkemah. Berkemah adalah solusi sederhana bagi orang-orang yang ingin berlibur, namun tidak punya banyak waktu atau budget yang terbatas.

Biarpun budget-nya terbatas, bukan berarti acara berkemahmu tidak kece gengs. Berikut adalah tips berkemah untuk pemula:

1. Lokasi

Pilihlah lokasi yang bermedan ringan, karena itu akan membuat kamu tetap merasa nyaman dalam berkemah, misalnya di Ranca Upas atau Pangalengan.

2. Ajak Teman

Kayanya kurang seru kalau berkemah hanya satu atau dua orang saja. Jadi, ajaklah teman-temanmu sebanyak mungkin, agar suasana berkemah jadi lebih seru.

3. Persediaan Makanan

Bawalah makanan yang tidak cepat basi dan mudah di masak, misalnya mie instan, telur asin, kornet, atau sosis. Dan, jangan lupa gengs untuk membawa kompor portable dan alat masak lainnya sesuai kebutuhan.

4. Perlengkapan Berkemah

Mau berkemah tapi gak punya tenda dan lain-lainnya, gimana dong?. Jangan khawatir, biarpun kamu tidak punya perlengkapan berkemah kamu masih bisa menyewanya di tempat penyewaan alat-alat kemah. Harganya juga murah gengs, misalnya tenda berkapasitas 5 orang hanya Rp 50.000 untuk semalam. Akan jauh lebih murah kalau kamu patungan dengan teman-teman yang lain untuk menyewa perlengkapan kemah.

5. Kamera

Barang yang wajib dibawa untuk mengabadikan momen-momen tertentu. Bawalah kamera berjenis DSLR atau mirrorless agar menghasilkan foto-foto yang kece untuk di upload di Instagram.

6. Bangun PAGI!

Jangan sampe ketika kamu berkemah malah bangun siang dan malas-malasan ya gengs, sayang banget, karena momen-momen indah saat berkemah justru di pagi hari saat matahari mulai terbit.

Nah, gimana gengs sudah siap untuk berkemah? Selamat mencoba.