×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
TikTok, salah satu sarana untuk perkenalkan pariwisata Indonesia

0

Jalan-Jalan

TikTok, salah satu sarana untuk perkenalkan pariwisata Indonesia

Logo TikTok / Foto: seluler.id

TikTok menjadi salah satu media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan industri pariwisata.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fildzah Aprilia

22 / 06 / 2021 13:35

Beragam media sosial dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan industri pariwisata, salah satunya adalah TikTok. TikTok merupakan media sosial yang dimiliki oleh perusahaan ByteDance. ByteDance adalah perusahaan teknologi asal Cina.

TikTok sendiri memiliki basis video pendek yang berdurasi 15 sampai 60 detik. Penggunanya bisa membuat, mengedit, dan membagikan klip video pendek. Video tersebut bisa dilengkapi dengan berbagai filter dan musik.

Pada tahun 2020, TikTok menjadi aplikasi paling populer di Indonesia dan dunia. Berdasarkan laporan dari Sensor Tower, TikTok diunduh sebanyak 87 juta kali pada Juni 2020. Data tersebut mengalami peningkatan sebanyak 52,7 persen dibandingkan pada bulan Juni 2019.

Indonesia sendiri menjadi negara terbanyak yang mengunduh aplikasi TikTok pada bulan Agustus 2020, yaitu sebesar 11 persen dari total 63,3 juta unduhan. Awal mula perkembangannya di Indonesia adalah banyaknya fans pembuat konten yang bernama Bowo Alpenliebe. Hal tersebut menyebabkan Bowo membuat jumpa fans yang mematok harga setidaknya Rp 80.000.

Berdasarkan data banyaknya jumlah pengguna di Indonesia, berbagai sektor mulai mempromosikan produknya melalui TikTok. Hal tersebut tak terlepas dari perkembangan promosi pada sektor pariwisata.

Loading...

Peran TikTok dalam mengembangkan sektor pariwisata adalah dengan memberikan peluang bagi para pembuat konten (content creator). Peluang tersebut dapat dimanfaatkan dengan mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang sedang atau pernah dikunjunginya.

Keuntungan bagi pengguna TikTok adalah bisa masuk ke dalam FYP (For Your Page). Arti FYP adalah halaman pertama kali yang muncul saat pengguna membuka aplikasi TikTok. Cara agar pembuat konten bisa masuk ke dalam FYP adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Mulai dari mengunggah konten yang kualitas videonya tinggi, mengikuti perkembangan tren, hingga memberikan tagar #ForYourPage, #FYP, #Pariwisata, atau tagar terkait lainnya.

TikTok juga memiliki fitur Likes, Comment, dan Share. Tujuannya untuk mengetahui engagement pada konten kita. Sehingga, apabila ingin konten kita menjadi bagian dari FYP, maka perlu berinteraksi dengan pembuat konten lainnya. Interaksi tersebut bisa dilakukan dengan memberikan komentar yang positif serta menyukai video terkait.

Apabila fitur ini bisa dimanfaatkan industri pariwisata, maka bisa meningkatkan pengetahuan destinasi wisata bagi masyarakat Indonesia. Hal ini juga didukung data dari Kompas pada unggahan bulan April 2021, sebanyak 42 persen pengguna TikTok adalah dari Generasi Z. Kalangan Generasi Z tersebut memiliki rentang usia 18-24 tahun. Sehingga mereka dapat menjadi potensi sebagai wisatawan.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata terkait tren ini adalah berkolaborasi dengan TikTok. Nama kegiatan yang diluncurkan adalah TikTok Travel x Wonderful Indonesia. Langkah ini dilakukan untuk menumbuhkan sektor pariwisata. Mulai dari wisata kuliner, budaya, hingga pemandangan alam. Hal tersebut disebabkan karena Indonesia memiliki keragaman alam yang bisa dinikmati masyarakat. Sehingga Generasi Z tidak hanya mengetahui potensi wisata di daerah terdekatnya saja, namun juga mengetahui ada potensi lain di wilayah yang berbeda dengan mereka.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red