×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tidak diterima kerja oleh teman sendiri? Pahami dulu 5 poin ini

0

N/A

Tidak diterima kerja oleh teman sendiri? Pahami dulu 5 poin ini

Kata orang, kalau networking luas lebih mudah dapat kerja. Tapi, kok teman sendiri nggak mau terima kamu kerja ya? Bisa jadi ini alasannya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Mirza Wardana

01 / 10 / 2021 15:15

Terlebih dahulu kamu perlu memahami batasan antara teman dan rekan. Umumnya, teman akan menerimamu apa adanya. Sedangkan rekan lebih cenderung terjadi karena hubungan pertemanan yang muncul dari tempat kerja atau dipertemukan di kantor. Artinya rekan dipersatukan dari kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan di kantor itu.

Memang katanya kalau mau mudah mendapatkan pekerjaan, perluas networking, artinya kenal dengan orang penting. Tapi bukan berarti dengan begitu mudah mendapatkan pekerjaan. Selain paham perbedaan teman dan rekan, coba pahami beberapa hal ini.

1. Pahami setiap kantor punya goals.

Ada tujuan tertentu kantor yang tidak berhubungan dengan pertemanan siapa-siapa. Walau bagaimana pun juga mencapai tujuan perusahaan yang utama. Kalau kemampuan dan keahlian kamu tidak cocok, maka tidak mungkin juga akan direkrut.

2. Pahami posisi teman kamu bukan pemilik atau masih ada atasan.

Loading...

Kalau teman kamu bukan owner, maka dia pun harus hati-hati merekrut. Jadi walaupun dia ingin membantu, tapi kalau berisiko tersandung isu nepotisme, susah juga.

3. Pahami kalau kamu nggak sempurna.

Biasanya kalau sudah berpengalaman, suka lupa kalau tidak sempurna. Bisa jadi umur kamu lebih dari kualifikasi yang dibutuhkan. Atau latar belakang pengalaman kamu masih kurang cocok dengan persyaratan, teman kamu akan kesulitan menjelaskan ke HRD kalau merekrut kamu.

4. Pahami mungkin kamu dan temanmu punya spesifikasi keahlian yang sama.

Bisa jadi ada sistem kompetisi yang diberlakukan di perusahaan. Kalau kamu dan teman punya spesifikasi yang mirip, dia mungkin menghindarkan masalah dari awal. Daripada nanti ada rasa tidak enak dalam hubungan kalian di masa depan kalau kamu dan teman kamu harus berkompetisi.

5. Pahami tentang standar gaji.

Bisa jadi standar gaji di perusahaan teman kamu tidak setinggi yang kamu harapkan. Jadi teman kamu merasa sungkan untuk merekrut kamu.

Stay positive. Kalau memang tidak dibantu sekarang, bisa jadi di masa depan. Tetap jaga hubungan baik, ya.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red