Kamu masih ingat sebuah acara ajang waralaba pencarian bakat X Factor yang pertama kali diinisasi oleh pengusaha sukses Simon Cowell?

Lalu, apakah kamu masih ingat bagaimana pertama kali kamu naksir seseorang? Bagaimana kehadiran orang itu begitu bisa membuat hati kamu bergejolak?

Sama halnya dengan sebuah faktor X (wow) dalam diri seseorang, maka akan membangkitkan perasaan luar biasa, membedakan kamu dengan sekian miliar umat manusia di muka bumi, dan membuat kamu unik dan spesial.

Sayangnya, banyak orang tak memahami bagaimana menemukan faktor wow versinya sendiri. Namun kabar baiknya, setiap orang pasti memiliki faktor X tersebut. Kamu bisa memilih untuk mengabaikan,meski potensi itu ada atau kamu ingin berupaya menemukan, menggali, dan mengembangkannya.

Tentu saja, proses pencarian ini akan memakan banyak waktu, pemikiran, dan analisa demi menemukan bakat terpendam. Tapi, kala kamu mampu menemukan bakat spesial itu, hidup kamu pun akan lebih bahagia dan lebih memiliki tujuan. Bahkan, kamu akan mampu lebih sukses tak hanya dalam kehidupan pribadi, tapi juga karir. Lalu, apa saja langkah yang perlu dilakukan?

Semua dimulai dari mengenali jati diri

Temukan faktor x versi sendiri, dijamin hidup kamu lebih bahagia

Knowing yourself is the beginning of all wisdom-Aristotle

Menggali jati diri merupakan konsep di mana, seseorang berupaya menyadari sepenuhnya atas pemikiran, kebutuhan, keinginan, kebiasaan, kekuatan, kelemahan, emosi dan motivasi dalam dirinya. Untuk memahami lebih dalam, maka kamu perlu secara obyektif dan jujur memeriksa dengan teliti apa pun yang ada dalam diri, baik buruk atau baik. Melakukan instropeksi dan meditasi adalah latihan yang baik untuk merasuk ke jiwa lebih dalam lagi. Jika kamu gagal jujur terhadap diri sendiri, maka kamu pun akan gagal menemukan faktor wow.

Waktunya menggali passion

Temukan faktor x versi sendiri, dijamin hidup kamu lebih bahagia

Without passion, you dont have energy; without energy, you dont have nothing. Nothing great in the world has been accomplished without passion.
Donald Trump

Berdasarkan kamus merriam-webster, passion adalah kesukaan atau keinginan yang amat kuat atau kesetiaan terhadap aktivitas, obyek, dan konsep. Ketika sudah mampu mengenali jati diri, maka mulailah gali apa kesukaan kamu. Tidak ada jawaban benar dan salah. Pikirkan apa hal yang paling membuat kamu bahagia saat melakukannya, apa yang menyentuh hati kamu. Tidak selalu harus berhubungan dengan uang, namun passion sejatinya berkaitan dengan panggilan jiwa yang membuat kamu begitu peduli tentangnya. Pada akhirnya, passion akan membantu kamu menavigasikan perjalanan hidup di masa depan.

Temukan keseimbangan faktor X

Temukan faktor x versi sendiri, dijamin hidup kamu lebih bahagia

Life is like riding a bicycle. To keep balance, you must keep moving.
Albert Einstein

Ketika, kamu sudah bisa mengidentifikasi kualitas diri dan passion, langkah selanjutnya adalah menemukan titik keseimbangan di mana keunikan kamu dapat dipadukan dengan passion. Di sinilah kamu akan mendapati faktor wow versi sendiri. Dengan merawat faktor wow versi kamu, tentunya kamu akan mampu menghasilkan sesuatu yang otentik dan sesuai jati diri. Pada dasarnya, faktor wow ada dalam diri masing-masing, mari kita temukan dan jadilah individu yang lebih bahagia.