Tempat wisata gua Haji Mankuini dikenal sebagai wisata danau tersembunyi. Karena untuk meraih danau jernih dan biru terlebih dahulu para wisatawan harus melalui sebuah gua, yaitu sebagai pintu masuk dari danau air payau yang sejuk. Di saat melewati pintu gua yang berair, para pengunjung akan merasakan pemandangan yang indah sekaligus menyeramkan dan menegangkan. Danau berwarna kebiruan itu memiliki ruang sempit. Jika melihat lebih dalam ke arah danau, maka akan terlihat seperti sebuah jurang yang dalam.

Spot traveling Gua Haji Mangku yang punya danau jernih di dalamnya

Untuk mencapai gua yang berada di Pulau Maratua, Kepulauan Derawantersebut, ada dua rute yang dapat dilalui oleh para pengunjung. Yang pertama melalui desa Payung-payung berdekatan Paradise.Jika berjalan kaki untuk sampai ketempat yang dituju memerlukan waktu kurang lebih 7 jam. Jalur kedua adalah dapat melalui pulau Maratua menuju utara, mendekati Pulau Nunukan dengan menggunakan sebuah kapal.

Spot traveling Gua Haji Mangku yang punya danau jernih di dalamnya

Senang dantegangbercampur menjadi satu yang membayangi setiap gerak-gerik para wisatawan dikarenakan lokasinya yang tidak biasa di dalam sebuah gua yang amat gelap dan dingin. Lelah dan rasa takutmu akan terbayarkan dengan danau air payau yang amat memberikan kesan serasa berada di dalam dimensi lain. Airnya yang berwarna kebiru-biruan dengan toskanya yang bergemilang menjadikan sebuah cerita tentang tempat wisata yang alami didalam sebuah memori kehidupan

Tertarik dengan tempat wisata ini? Libur panjang akan menambah pengalaman besar bagi kamu di saat mengarungi tempat wisata yang satu ini. Gua Haji Mangku dengan danau air payau di Pulau Maratua-Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur ini layak untuk kamu singgahi.