×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Teknologi berkembang, ini aplikasi yang memudahkan kita saat pandemi

0

Gadget

Teknologi berkembang, ini aplikasi yang memudahkan kita saat pandemi

Foto: cottonbro from Pexels

Di masa pandemi ini, aplikasi e-commerce dan delivery order menjadi lebih populer.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Malik Fajar Ajay

21 / 07 / 2021 15:05

Kita sudah sering mendengar bahkan mengucapkan kata "teknologi" dalam kehidupan sehari-hari, tetapi mungkin ada sebagian orang yang belum tahu pasti apa itu teknologi. Oleh karena itu, mari kita bahas lebih rinci terkait teknologi ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata teknologi mengandung arti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Sederhananya, teknologi diartikan sebagai alat atau mesin yang diciptakan manusia untuk membantu kita dalam melakukan berbagai kegiatan agar lebih mudah dan efisien.

Pada saat ini teknologi berkembang semakin cepat dan canggih, sehingga segala sesuatu dapat dilakukan dengan cepat dan mudah dengan bantuan teknologi tersebut. Saat ini teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai manusia. Mulai dari hal sederhana hingga hal yang sangat kompleks pun semuanya bisa diselesaikan dengan mudah menggunakan teknologi. Terlebih lagi di masa pandemi ini teknologi berkembang lebih pesat dari biasanya.

Dulu banyak orang menggunakan gadget hanya untuk media komunikasi saja. Namun semenjak pandemi ini segala kebutuhan manusia beralih ke genggaman, seperti untuk berbelanja online, pesan antar makanan, pembayaran digital, pembelajaran online, media hiburan, bahkan konsultasi ke dokter pun sekarang sudah bisa via online, sehingga mengharuskan kita untuk menggunakan aplikasi yang belum pernah kita gunakan sebelumnya di gadget.

Untungnya hal tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama, karena sekarang semuanya bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun dengan mudah melalui bantuan aplikasi penunjang yang telah tersedia. Adapun aplikasi-aplikasi yang dapat mempermudah kegiatan kita di masa pandemi ini antara lain sebagai berikut.

Loading...

1. Aplikasi e-commerce.

Aplikasi-aplikasi e-commerce di Indonesia memang sudah populer dari sebelum adanya pandemi Covid-19. Namun semenjak pandemi jumlah pengguna e-commerce meningkat signifikan dari biasanya. Hal ini sesuai dengan Laporan yang berjudul Navigating Indonesia’s E-Commerce: Covid-19 Impact and The Rise of Social Commerce yang dirilis oleh perusahaan e-commerce enabler SIRCLO. Mereka memperkirakan terdapat 12 juta pengguna e-commerce baru sejak pandemi berlangsung, di mana 40% di antaranya mengatakan akan terus mengandalkan e-commerce bahkan setelah pandemi berakhir. Dalam kondisi normal, akselerasi kenaikan jumlah pengguna ini bisa tercapai dalam kurun waktu 1,5-2 tahun.

Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa peningkatan jumlah pengguna sebelum dan sesudah adanya pandemi Covid-19 ini terlihat drastis. Hal ini dikarenakan pembatasan aktivitas yang dilakukan oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 sehingga kita lebih memilih untuk berbelanja online dibanding berbelanja langsung ke toko.

Selain dapat mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19, berbelanja online juga dirasa lebih praktis dan bisa menghemat lebih banyak waktu. Hal inilah yang membuat para pedagang yang tadinya hanya membuka toko secara offline kini juga membuka tokonya secara online.

2. Aplikasi pesan antar makanan (delivery order).

Semenjak adanya wabah Covid-19, kegiatan kita untuk beraktivitas di luar rumah semakin dibatasi. Kita akan memilih untuk memesan makanan lewat aplikasi karena ini dianggap lebih efisien sehingga kita tidak perlu repot-repot keluar rumah hanya untuk membeli makanan saja. Jasa pesan antar makanan ini menjadi solusi praktis ketika kita tidak bisa membeli langsung di luar rumah pada masa pandemi Covid-19 ini.

Bagi yang belum pernah memesan layanan jasa pesan antar makanan ini tidak perlu bingung karena siapa pun bisa melakukannya dengan mudah. Kita hanya perlu membuka aplikasinya di gadget, setelah itu cari menu makanan yang kita inginkan lalu pesan dan bayar. Kita bisa memilih metode pembayaran yang kita inginkan, baik itu dibayar langsung dari aplikasi ataupun nanti ketika makanan sudah datang ke rumah.

Pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak yang luar biasa di berbagai aspek, sehingga sering kali menyulitkan kehidupan kita. Namun dalam masa kritis karena pandemi ini kita diuntungkan dengan adanya teknologi yang semakin canggih yang mampu menopang segala aktivitas kita dengan lebih cepat dan efisien tanpa harus berinteraksi langsung.

Namun tentu saja teknologi ini harus terus ditingkatkan khususnya di negara kita Indonesia, karena faktanya masih banyak daerah-daerah yang belum bisa mengakses internet dan merasakan kemudahan teknologi saat ini. Dengan kemajuan teknologi ini masyarakat diharapkan dapat mematuhi kebijakan pemerintah untuk tetap diam di rumah saja dan semua kegiatan sebisa mungkin dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red