×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mengenal penyakit mematikan yang sedang diderita Selena Gomez

0

Kesehatan

Mengenal penyakit mematikan yang sedang diderita Selena Gomez

Bikin fans syok. Padahal Selena diketahui tampak sehat-sehat dan masih kerap tampil dari panggung ke panggung.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Arista Katri

26 / 01 / 2018 19:19

Pada September tahun lalu, penyanyi cantik Selena Gomez mengejutkan para penggemarnya dengan mengunggah sebuah foto yang menunjukkan dirinya sedang berbaring di sebuah rumah sakit bersama temanya di Instagram pribadinya.

Ia menegaskan bahwa dirinya sedang menjalani transplantasi ginjal akibat lupus yang dideritanya. Para penggemarnya terkejut akan unggahannya, pasalnya idola mereka terlihat sehat-sehat saja, bahkan masih banyak melakukan konser.

Sebenarnya apa itu lupus? Kenapa bisa di bilang berbahaya? 

Lupus adalah penyakit autoimun kronis yang dapat merusak bagian tubuh manapun (kulit, sendi, dan/atau organ tubuh). Kronis berarti tanda dan gejala cenderung bertahan lebih lama dari enam minggu dan seringkali selama bertahun-tahun.

Pada lupus, sesuatu yang terjadi biasanya akibat virus, bakteri, dan kuman ('penyerbu asing' seperti flu). Biasanya sistem kekebalan tubuh kita menghasilkan protein yang disebut 'antibodi' yang melindungi tubuh dari penyerbu ini.

Loading...

'Autoimunitas' berarti sistem kekebalan tubuh Anda tidak dapat membedakan antara penyerang dan jaringan sehat tubuh Anda ('auto' berarti 'diri'). Akibatnya, ia menciptakan autoantibodi yang menyerang dan menghancurkan jaringan sehat. Autoantibodi ini menyebabkan peradangan, nyeri, dan kerusakan di berbagai bagian tubuh. Lupus sendiri tidak menular, karena lupus disebabkan oleh antibodi sendiri.

Gejala yang kemungkinan terjadi pada lupus adalah gejala-gejala yang umumnya terjadi seperti mudah letih, demam, nyeri sendi, Lesi kulit yang tampak atau memburuk dengan paparan sinar matahari , sesak napas, sakit dada, mata kering, sakit kepala. Namun terkadang penderita lupus mempunyai ruam diantara hidung dan pipi membentuk kupu-kupu.

Di Indonesia sendiri, menurut data dari Departemen Kesehatan, jumlah penderita lupus secara tepat belum diketahui. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Prof Handono Kalim dkk di Malang memperlihatkan angka sebesar 0,5% terhadap total populasi.

Angka yang bisa dibilang masih sedikit akibat sulitnya lupus untuk terdeteksi, dikarenakan tidak banyak orang yang mau memeriksakan kondisinya lebih lanjut. Maka dari itu, agar angka tersebut tidak bertambah atau kalau bisa menurun, segera periksakan kesehatan anda ke dokter, sebab Selena Gomez saja bisa terkena penyakit berbahaya seperti ini.

ilustrasi ruam merah lupus

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    21%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    7%

  • Sedih

    71%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

#health
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red