Definisi cantik sering kali dikaitkan dengan wanita berwajah mulus dan cerah. Makanya banyak wanita yang rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli produk-produk kecantikan, matahari juga bisa menjadi musuh bagi para wanita. Tapi kalau namanya tuntutan kerja harus mengharuskan kita berada dibawah matahari ya mau bagaimana lagi?

Makanya belakangan ini Sunscreen atau pun Sunblock menjadi hal yang wajib dirangkaian skincare routine banyak gadis. Niatnya agar kulit tetap kinclong, namun yang ada malah menjadi lebih gelap dan kusam. Pasti tidak mau dong hal ini terjadi pada kalian. Yuk, liat daftar 7 hal yang buat sunscreen jadi sia-sia ini!

1. Jangan Salah Pilih!

7 Tips pakai sunscreen biar nggak bikin kulit justru makin gosong

Sunscreen yang tepat adalah yang mampu melindungi kulit mu dari sinar UVA dan UVB. Sinar UVA yang menyebabkan penuaan kulit berupa keriput dan flek hitam, dapat juga sebagai pemicu kanker kulit. Sedang sinar UVB yang dapat membakar kulit dan merusak melanin, sehingga menghitamkan warna kulit.

Pilih sunscreen yang berlaber SPF dan PA,SPF (Sun Protection Factor) menunjukkan tingkat perlindungan terhadap UVB yang menggelapkan kulit atau membuat kulit menjadi merah, sedangkan PA (Protection Grade of UVA) menunjukkan tingkat perlindungan terhadap UVA yang menyebabkan penuaan kulit. Atau pada beberapa produk amerika dikenal denganBroad Spectrum.

2. Jangan Langsung Panas-Panasan

7 Tips pakai sunscreen biar nggak bikin kulit justru makin gosong

Sama seperti produk skincare lainnya, sunscreen juga butuh waktu untuk meresap sampai kelapisan kulitmu sebelum bisa bekerja maksimal.

Oleskan sunscreen 15-30 menit sebelum kamu beraktivitas. Berikan waktu pada sunscreen mu untuk meresap secara sempurna kekulit, agar dapat memberikan perlindungan optimal. Jangan hanya mengoleskan pada bagian wajah saja, oleskan juga pada bagian tubuh lainnya yang terpapar sinar matahari langsung, seperti leher, tangan, dan kaki.

3. Jangan Pakai Terlalu Sedikit!

7 Tips pakai sunscreen biar nggak bikin kulit justru makin gosong

Penggunaan sunscreen memang sedikit berbeda dengan krim-krim lain yang biasa kamu pakai tipis-tipis saja.Bila sunscreenyang dioleskan hanya sedikit dari seharusnya, maka nilai SPF nya akan turun, maka tidak akan memberi hasil optimal,

SPF adalah perkiraan daya tahan tabir surya dalam melindungi kulit dari terjangan sinar matahari, dapat juga dikatakan sebagai lama waktu yang diperlukan kulitmu untuk mulai terbakar. Sedang angka pada SPF menunjukkan perlindungan sunscreen tersebut.

4. Jangan Lupa Re-Apply

7 Tips pakai sunscreen biar nggak bikin kulit justru makin gosong

Tidak bisa hanya satu kali pakai untuk seharian, idealnya pemakain sunscreenharus diulang pemakaiannya dalam dua sampai tiga jam setelah pemakaian pertama.Hal itu disebabkan tabir surya yang telah dioleskan akan mudah hilang ketika terkena keringat selama beraktivitas. Untuk itu, perlu diulang pemakaiannya, minimal pada pagi, siang, dan sore hari.

Walaupun beberapa sunscreen mengklaim bahwa produk mereka tahan air, namun jangan lupa dengan kandungan SPF nya yang merupakan perkiraan daya tahan sunscreen untuk melindungi kulit hingga akhirnya terbakar. Misal, kulit kamu membutuhkan waktu 5 menit sebelum akhirnya terbakar dan kamu memakai sunscreen dengan SPF 30. Maka sunscreen hanya dapat melindungi kulit mu selama 60 menit atau satu jam saja. Setelah itu kamu haru oleskan kembali karna tidak lagi terlindung.

5. Makin Tinggi SPF Bukan Makin Bagus

7 Tips pakai sunscreen biar nggak bikin kulit justru makin gosong

Jika dipakai dengan benar, sunscreen dengan SPF 30 sampai 50 sebenarnya sudah melindungi 98 persen dari sinar UVB. Sedangkan menurut ahli, SPF yang lenih tinggi dari 70 sebenarnya menimbulkan gangguan pada kulit. Hal ini dikarenakan SPF yang berfungsi untuk menghalau sinar UVB terlalu tinggi, dan tidak dibarengi dengan peningkatan PA yang menghalau sinar UVA yang menembus sampai kelapisan kulit yang lebih dalam sehinggalebih sulit untuk dilindungi. Hal ini dapat menyebabkan pembentukan radikal bebas pada kulit yang berujung pada kanker melanoma.

Produk ber- SPF tinggi juga memerlukan lebih banyak bahan kimia untuk menghalau UVB. Beberapa bahan ini dipercaya para ahli dapat menimbulkan alergi, kerusakan jaringan dan gangguan pada hormon. Berdasarkan penelitian produk ber- SPF tinggi meningkatkanrisiko kerusakan dan kanker kulit karena bahan aktif yang terkandung.

6. Perhatikan Jenis Kulit

7 Tips pakai sunscreen biar nggak bikin kulit justru makin gosong

Jika sunscreen yang kamu pakai membuat kulitmu kering, maka yang ada kulitmu akan makin kusam. Atau Kamu gak mau kan kalau sunscreen yang kamu pakai malah membuat mukamu jadi ladang minyak? Maka dari itu, kamu harus mengenal dahulu tipe kulit kamu, sehingga dapat memilih produk yang tepat. Atau jika dirasa kurang melembabkan, kamu boleh mengoleskan pelembab terlebih dahulu sebelum sunscreen.

Perhatikan juga kandungannya, terutama untuk kamu yang berkulit sensitif ataupun alergi alkohol. Harus jeli ya!

7. Jangan Lupa Cuci Muka

7 Tips pakai sunscreen biar nggak bikin kulit justru makin gosong

Sama dengan pemakaian skin care ataupun make up lainnya, kamu gak boleh malas cuci muka. Produk kecantikan yang kamu pakai diwajah mu seharian ditambah polusi debu dan lainnya akan menumpuk dan menutup pori-pori wajah mu yang akan membuat kusam bahkan berjerawat.

Untuk itu kamu tetap harus rajin membersihkan muka setelah seharian beraktivitas. Eksfoliasi juga gak kalah penting lo. Untuk mendapatkan wajah yang bersih dan cerah rajin mengeksfoliasi wajah adalah salah satu caranya.

Nah itu dia 7 hal yang gak boleh kamu lakukan kalau ingin sunscreen mu gak sia-sia!