Meski sama-sama terjadi di dalam area leher, keduanya merupakan penyakit yang berbeda.

Sakit tenggorokan atau radang tenggorokan adalah penyakit yang menyerang daerah tenggorokan. Penyakit ini biasanyadisebabkan oleh infeksi Streptococcus pyogenes,penderita akan mengalami rasa sakit di daerah tenggorokan, tepatnya di daerah laring, faring, dan kelenjar amandel.

Sudah dewasa apakah masih perlukah operasi amandel?

Sedangkan radang amandel adalah radang pada kelenjar tonsil, yaitu salah satu kelenjar yang berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh untuk menangkap dan membunuh kuman pada saluran pernapasan. Radang amandel bisa disebabkan oleh infeksi virus (coxsackie virus, adenovirus, atau Epstein-Barr virus), atau bisa juga oleh bakteri yang kebanyakan dari Group A Streptococcus.Jika amandel yang dialami sudah kronis atau tidak bisa lagi diatasi dengan obat, maka harus dilakukan operasi untuk mengangkat amandel yang meradang tersebut. Operasi ini banyak kita temukan pada anak anak. Lalu bagaimana jika dokter meminta pasien dewasa agar menjalani operasi amandel ini? mungkinkah?

Jawabnya adalah kenapa tidak. Orang dewasa yang perlu menjalani operasi biasanya telahmengalami sakit tenggorokan selama satu sampai tiga tahun terakhir atau mengalami radang tenggorokan oleh infeksi paling sedikit tiga bulan. Alasan lain mengapa orang dewasa perlu operasi amandel adalah risiko munculnya penyakit lain seperti sleep apnea obstruktif (penyumbatan saluran napas bagian atas), bau mulut yang tidak hilang, serta kanker. Tak perlu khawatir, prosedur amandel ini aman bagi orang dewasa, hanya saja memang pada orang dewasa butuh waktu pemulihan yang lebih lama. Selama pemulihan jangan lupa banyak minum air putih, hindari minuman beralkohol, dan tidak merokok.

Sudah dewasa apakah masih perlukah operasi amandel?