×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Sorgum, sumber karbohidrat yang punya banyak manfaat

0

Kesehatan

Sorgum, sumber karbohidrat yang punya banyak manfaat

Sorgum bisa dijadikan diversifikasi sebagai sumber karbohidrat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rahayu Supratiwi

02 / 08 / 2020 12:05

Kebanyakan masyarakat Indonesia menganggap nasi adalah bahan makanan pokok yang tidak tergantikan. Kalau belum mengonsumsi nasi pun sering kali dirasa belum makan. Padahal Indonesia memiliki banyak sekali potensi alam. Potensi alam tersebut bisa dijadikan bahan pokok fungsional sebagai diversifikasi pangan sumber karbohidrat dari jenis gandum seperti sorgum.

Sorgum merupakan tanaman yang masih kerabat dengan padi dan jagung. Tanaman sorgum bisa tumbuh walaupun keadaan tanah yang kurang subur. Tanaman ini tumbuh pada ketinggian 0-800 mdpl. Suhu optimumnya berkisar antara 23-30 derajat celcius dengan kelembapan 20-40%,  rata-rata curah hujan 372-425 mm/th, dan memiliki pH 5-7,5.

Tanaman sorgum. (Foto : pixabay)

Tak hanya budidayanya yang mudah, ternyata sorgum mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain mencegah kanker usus, jantung, obesitas, penurunan hipertensi, dan menjaga kadar gula darah.

Menurut Dicko et. Al. 2006b, beberapa senyawa febol yang terkandung pada sorgum diketahui memiliki aktivitas antioksidan, antitumor, dan dapat menghambat perkembangan virus sehingga bermanfaat bagi penderita kanker, jantung, dan HIV. 

Loading...

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red