Beras merah terkenal dengan kandungan nutrisinya dan sering disajikan sebagai makanan sehat. Namun, kebanyakan orang yang pertama kali mencoba untuk makan nasi merah mengatakan bahwa rasanya hambar. Tekstur beras merah pun cenderung lebih keras daripada nasi putih. Karena itu, penyuka beras merah ini tak banyak.

Jika beras merah diproses dengan benar, maka dapat menghasilkan beras merah yang enak. Nah, Berikut ini beberapa cara untuk mengolah beras merah dengan sangat mudah. Dengan melakukan cara ini, kamu bisa memperoleh nasi merah yang tak keras.

1. Simpan beras merah di kulkas.

Akan lebih baik lagi jika disimpan beberapa bulan di dalam kulkas. Tetapi jika persediaan beras merahmu banyak, kamu harus memasukkan beras ke dalam wadah tertutup kedap udara.

2. Jika beras merah sudah terlalu lama, jangan gunakan lagi.

Hal ini karena beras merah akan melepaskan kandungan minyak di dalamnya dan menjadi pahit jika dimakan. Sebisa mungkin jangan menyimpan beras merah selama lebih dari setahun.

3. Sebelum memasak, rendam beras dalam air kira-kira selama 30 menit.

Cara ini dapat membuat nasi menyerap air dan membuat teksturnya menjadi lebih lembut.

4. Jika sudah matang, jangan segera disajikan.

Jika beras sudah matang, biarkan dulu selama 10 menit agar uap air terserap oleh nasi. Cara ini berguna untuk membuat teksturnya lebih ringan dan halus.

Beras merah punya banyak manfaat untuk kesehatan jika kamu rutin mengonsumsinya. Tak hanya kaya serat, vitamin, dan mineral, kandungan dalam beras merah juga dapat berguna bagi kesehatan, di antaranya ia sehat untuk pencernaan, dapat mengontrol gula darah, menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik), mencegah terjadinya batu empedu, sebagai sumber antioksidan, serta menjaga kesehatan tulang.

Setelah tahu cara mengolah beras merah dan manfaatnya bagi kesehatan, kamu masih ragu untuk mengonsumsi beras merah? Tak perlu berpikir panjang, mulailah makan makanan sehat. Cintai tubuhmu dan mulailah hidup sehat mulai sekarang.