Merasa lelah di tengah aktivitas kesibukan sehari-hari pastinya pernah kita alami. Namun, bagaimana jika rasa lelah itu datang setiap waktu? Nah, jangan coba-coba sepelekan karena bisa jadi ini merupakan gejala penyakit serius.

Luangkan waktu untuk tidur cukup, konsumsi makanan sehat, atur jadwal kegiatan, minum cairan air putih lebih banyak, konsumsi multivitamin dan suplemen, serta pangkas konsumsi kafein. Jika masih belum mempan, artinya kamu membutuhkan bantuan praktisi kesehatan. Waspadai juga gejala penyakit serius ini jika sering merasa lelah.

1. Anemia

Sering merasa lelah? Jangan-jangan kamu mengidap penyakit serius ini

Anemia berawal dari kurangnya sel darah merah, yang membawa oksigen ke jaringan otot dan sel-sel tubuh. Kamu mungkin akan merasa lemah dan napas pendek. Anemia bisa jadi disebabkan oleh kekurangan vitamin atau zat besi, pendarahan dalam, atau penyakit kronis, seperti rheumatoid arthritis, kanker, atau gagal ginjal. Profesor pengobatan lab asal University of California, San Fransisco Laurence Corash, MD mengatakan, wanita subur memiliki risiko kekurangan zat besi karena menstruasi. Maka selama kehamilan dan menyusui, wanita wajib mengonsumsi lebih banyak zat besi.

2. Penyakit tiroid

Sering merasa lelah? Jangan-jangan kamu mengidap penyakit serius ini

Ketika hormon tiroid rusak, aktivitas yang menyenangkan pun bisa jadi melelahkan. Kelenjar tiroid terletak di bagian depan leher, dan memproduksi hormon yang mengontrol metabolisme tubuh. Terlalu banyak hormon tiroid (hyperthyroidism) akan membuat metabolisme tinggi. Sedangkan, kekurangan hormon tiroid akan membuat metabolisme lamban.

Hyperthyroidsm memicu otot cepat lelah dan lemah, di mana bagian paha akan merasakan letih lebih dulu. Akitivitas, seperti bersepeda atau mendaki pun akan terasa lebih berat. Gejala lainnya, adalah penurunan berat tubuh tiba-tiba, merasa hangat setiap saat, detak jantung lebih cepat, periode mentruasi yang singkat, dan kerap merasa haus.

3. Diabetes tipe 2

Sering merasa lelah? Jangan-jangan kamu mengidap penyakit serius ini

Gula, menjadi faktor penyebab utama diabetes. Di sisi lain, gula juga jadi salah satu bahan bakar agar tubuh mampu bergerak. Inilah yang menjadi dilema bagi pengidap diabetes tipe 2, yang tak bisa menyerap gula berlebih. Tanpa energi cukup, maka tubuh akan bergerak lebih lamban. Inilah yang menyebabkan, penderita diabetes pun cenderung cepat merasa lelah. Gejala diabetes lainnya, adalah rasa haus berlebih, sering buang air kecil, penurunan berat badan mencolok, iritasi, rasa lapar, dan penglihatan buram.

4. Depresi

Sering merasa lelah? Jangan-jangan kamu mengidap penyakit serius ini

Lebih parah dari stress, depresi adalah kondisi kejiwaan yang berpotensi mengganggu tidur seseorang, makan dan perasaan tentang diri kita dan lainnya. Tanpa perawatan yang tepat, gejala depresi bisa makin parah, seiring berjalannya waktu. Depresi dapat menimbulkan energi berkurang, gangguan tidur dan makan, serta penurunan memori, konsentrasi, perasaan dan pikiran yang selalu negatif.