×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Sering dianggap remeh, ini 5 manfaat buah Kersen bagi kesehatan

0

Kesehatan

Sering dianggap remeh, ini 5 manfaat buah Kersen bagi kesehatan

Buah kecil ini ternyata punya segudang manfaat lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ilfa Rosidah

11 / 06 / 2019 17:41

Pohon kersen (Muntingia calabura) atau yang dikenal juga dengan seri, talok, keres, kersem, ataupun baleci. Pohon kersen dikenal sebagai pohon yang bisa tumbuh di mana saja, termasuk di kondisi tanah yang buruk. Pohon kersen juga tahan pada kondisi iklim yang kering, namun tidak toleran terhadap garam. Buah kersen sudah akan tumbuh sejak ukuran pohon kersen masih kecil dan setiap pohon akan terus memproduksi buah sepanjang tahun. Meskipun seringkali dipetik untuk dimakan, tidak banyak orang tahu ternyata buah kersen ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah manfaat buah kersen untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber (06/06).

1. Mengontrol gula darah.

Sering dianggap remeh, ini 5 manfaat buah Kersen bagi kesehatan

Buah kersen cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Rasanya memang manis, tapi buah kersen aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, bahkan dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah. Dilansir dari Medil Daily, sebuah studi yang diterbitkan oleh Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine pada tahun 2011, menemukan bahwa terdapat penurunan kadar gula dara yang signifikan setelah pemberian 500 mg ekstrak buah kersen.

Loading...

 

2. Mengatasi pilek dan flu.

Sering dianggap remeh, ini 5 manfaat buah Kersen bagi kesehatan

Manfaat buah kersen yaitu dapat membantu mengatasi pilek dan flu. Kondisi ini umumnya memang terjadi akibat dari sistem imun tubuh yang menurun. Konsumsi makanan yang tinggi vitamin C dapat membantu memulihkan sistem kekebalan tubuh.

Buah kersen memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan pilek dan flu. Seperti yang dilansir pada laman idntimes.com (31/01), setiap 100 gram buah kersen setara dengan 150mg vitamin C.

 

3. Asam urat.

Sering dianggap remeh, ini 5 manfaat buah Kersen bagi kesehatan

Sebuah penelitian eksperimental tahun 2013 yang dilakukan pada mencit atau tikus kecil telah membuktikan manfaat buah kersen untuk mengatasi asam urat. Dalam studi ini diketahui bahwa pemberian buah kersen dalam bentuk jus dapat memengaruhi penurunan kadar asam urat darah, meskipun penurunan ini tidak setajam menggunakan allopurinol (obat untuk menurunkan asam urat).

Bahkan, di penelitian lain bukan hanya buah kersen itu sendiri yang bisa menurunkan kadar asam urat, melainkan daunnya juga demikian. Penelitian tahun 2009 menunjukan bahwa daun jaiamcan chery atau buah kersen yang memiliki nama latin Muntingia calabura L ini dapat menurunkan kadar asam urat serum.

 

4. Sumber nutrisi.

Sering dianggap remeh, ini 5 manfaat buah Kersen bagi kesehatan

Buah kersen mengandung banyak nutrisi, seperti serat, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin B, dan zat besi. Oleh karena itu mengonsumsi buah kersen sangatlah baik untuk menjaga nutrisi dalam tubuh.

 

5. Menjaga kesehatan jantung.

Sering dianggap remeh, ini 5 manfaat buah Kersen bagi kesehatan

Daun dan buah kersen juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Seperti yang dilansir dari laman doktersehat.com, kersen memiliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah yang merupakan salah satu kriteria jantung yang sehat. Jika aliran darah menuju jantung tidak lancar, jantung akan berpotensi mengalami kerusakan.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red