Berkat Marvel, kita memang lebih mengenal Thor, dan ayahnya, Odin, sebagai dewa-dewa penguasa petir. Aslinya, keduanya adalah dewa-dewa bangsa Nordik di kawasan Eropa Utara.

Petir memang dianggap sebagai sumber kekuatan dan energi, sehingga beberapa kebudayaan dan kepercayaan memiliki Dewa Petir mereka sendiri-sendiri. Berikut 5 di antaranya Dewa Petir dari berbagai kebudayaan

1. Indra

Selain Thor, ini 5 Dewa Petir dari berbagai mitologi di dunia

Dewa dari kepercayaan Hindu ini memiliki banyak gelar. Dialah penguasa hujan dan petir, sekaligus sebagai dewa perang. Kendaraan Dewa Indra adalah gajah putih. Ia juga dihormati oleh umat Buddha. Konon, dialah dewa pertama yang mengakui kebuddhaan dari Siddharta Gautama. Umat Buddha menghormatinya sebagai pemimpin dewa pelindung Dharma.


2. Thunderbird

Selain Thor, ini 5 Dewa Petir dari berbagai mitologi di dunia

Dewa petir dari bangsa native American di wilayah Amerika Utara. Memiliki nama asli yang beragam, tergantung suku mana yang menyebutnya, sepertiWakinyan (Sioux), Animikii (Anishinaabe), Boh'ooo atau Etcitane:bate (Arapaho), Bha'a (Gros Ventre), Cigwe (Potawatomi), atau Enaemaehkiw/Inaemehkiwak (Menominee), namun dewa ini selalu digambarkan sebagai burung besar yang kepakan sayapnya menimbulkan angin besar atau badai. Sebagian menganggapnya sebagai pembawa pesan dari Dewa Matahari.


3. Raijin

Selain Thor, ini 5 Dewa Petir dari berbagai mitologi di dunia

Dewa petir dan halilintar dari kepercayaan masyarakat Jepang. Dia sering terlihat dipasangkan dengan Fujin, sang dewa angin. Keduanya digambarkan berwajah menakutkan dan memiliki sifat yang merusak. Patung dewa-dewa ini kerap dipasang di pintu masuk kuil sebagai lambang perlindungan.

4. Seth

Selain Thor, ini 5 Dewa Petir dari berbagai mitologi di dunia

Ia adalah dewa petir, badai, gurun, dan orang asing dalam kepercayaan Mesir kuno. Seth juga dikenal sebagai penguasa kegelapan dan kekacauan. Ia berperan penting dalam memerangi Apep, dewa kejahatan yang berwujud ular.

5. Zeus

Selain Thor, ini 5 Dewa Petir dari berbagai mitologi di dunia

Sepertinya inilah dewa petir yang cukup dikenal secara umum. Zeus adalah dewa petir dan langit bangsa Yunani kuno, pemimpin para dewa di Gunung Olympus. Ia adalah bapak para dewa dan manusia. Ia dilambangkan denganpetir, elang, banteng, dan pohon ek. Zeus juga dikenal dalam kepercayaan Romawi kuno. Nama latinnya adalah Iopiter (Jupiter). Dewa ini juga dikenal dalam kepercayaan India kuno dengan nama SansekertaDyaus- pita.