Sejak dari kecil, tiap kali kita ngeliat orang lagi gali kuburan, kita suka berandai-andai di dalam sih, kita bisa terus ke bumi?

Jawabannya saat ini adalah, 12 km. Sebuah proyek penggalian pada tahun 1970 di rusia disebut "Kola Superdeep Borehole" adalah galian terdalam yang pernah dicoba oleh manusia. Mungkin angka tersebut tak terdengar fantastis. Tapi ayo kita lihat perspektifnya.

Tinggi monas adalah 137 meter. Menara eiffel? Dua kali lipatnya tinggi monas. Sedangkan gedung tertinggi di dunia, tingginya adalah 828 meter. Tapi jelas masih kalah sama gunung bromo yang berada 2,3 kilometer di atas permukaan laut. Tapi jelas juga masih kalah sama gunung everest, gunung tertinggi di dunia yang tingginya 8,8 kilometer. Dan kemudian masih kalah juga sama palung terdalam di dunia, palung mariana, 10,9 km. Tapi itu semua akhirnya kalah, oleh Kola Superdeep Borehole, galian terdalam yang pernah dicoba manusia, sedalam 12km.

Tapi kemudian muncul pertanyaan, bisa ngga sih kita nggali lebih dalam lagi?

Jawaban singkatnya, secara teori, bisa. Tapi banyak faktor kesulitan yang harus maju.

Pertama adalah temperatur. Semakin kita nggali lebih dalam, semakin dekat kita ke inti bumi. Artinya? Semakin panas suhu dibawah sana. Kola Superdeep Borehole sendiri punya suhu 180 derajat celcius dibawah sana. Jadi pastinya, kipas angin aja ngga cukup untuk nemenin kita nggali kebawah sana.

Maka dengan suhu yang sangat panas itu, belum ada alat pengeboran yang efisien untuk kita nggali lebih dalam lagi. Meski sangat mungkin, untuk mengembangkan teknologi bor yang baru, tapi biayanya akan jadi sangat mahal dan tak masuk akal bagi perusahaan atau negara untuk mencoba hal tersebut. Tak seperti contoh program luar angkasa yang selalu menghasilkan. Sekali ini, tentu saja. Mungkin saat ini, teknologi semakin murah di masa depan, muncullah secercah harapan bagi kita.

Perjalanan kita tentu masih panjang. Jika bumi itu dari apel, kita sama-sama tidak mencapai kulit apelnya. Jadi, ya, kita manusia, memang sekecil itu, atau mungkin, ya, bumi memang dari itu. Terima kasih.