Mesin pencari menjadi piranti yang krusial di era sekarang. Dalam perkembangannya pengembang mesin pencari ternyata tak hanya mengandalkan sebagai sekadar alat pencarian. Tetapi juga sekaligus melakukan kampanye.

Dan berikut adalah mesin pencari yang sekaligus juga dukung kampanye lingkungan.

1. Ecosia.com

Selain alat pencarian, 2 search engine ini juga dukung lingkungan

Search engine asal Berlin ini dirilis pada tahun 2009. Diawali dengan pendirinya yang melakukan liburan ke berbagai negara dan melihat kenyataan pahit di liburannya tersebut. Banyak hutan gundul akibat penebangan pohon secara besar-besaran, baik karena konsumsi manusia maupun pembalakan hutan secara ilegal.

Hal ini membuka matanya dan memutuskan membuat search engine yang sekaligus bisa membawa perubahan untuk bumi yang sedang memanas ini. Info global warming yang terus tersiar di berbagai tempat semakin membulatkan tekad Christian Kroll untuk merilis search engine ini secepat mungkin. Ecosia menetapkan pembagian pendapatan 80% untuk disalurkaan ke organisasi nirlaba yang nantinya akan digunakan untuk menanam pohon dan 20% untuk situsnya.

Ecosia sudah menanam lebih dari belasan juta pohon di berbagai negara termasuk Indonesia. Kamu juga bisa membaca laporan keuangan Ecosia ini di websitenya. Sudah seharusnya kita sebagai anak muda bisa membantu isu global warming dengan donasi menanam pohon melalu website ini. Ngga ada salahnya lho, dan bisa jadi anak cucumu nanti yang menikmati hasil dari searching harianmu itu!

2. Geevv.com

Selain alat pencarian, 2 search engine ini juga dukung lingkungan

Berbeda dengan Ecosia, search engine buatan 2 mahasiswa Universitas Indonesia ini lebih concern ke masalah sosial seperti bantuan untuk bencana alam. Kamu bisa mendaftar di websitenya untuk mengecek berapa rupiah yang sudah kamu sumbangkan.

Setiap satu kata kunci pada pencarianmu akan didonasikan sebesar Rp 10. Kamu juga bisa melihat laporan keuangan Geevv di websitenya. Nantinya, 80% pendapatan iklan akan disalurkan untuk program sosial dan 20% nya untuk situs Geevv. Isu sosial di Indonesia memang selalu ada setiap waktunya.

Sebagai anak muda yang peduli dengan negara dan peduli dengan karya anak bangsanya, yuk mulai gunakan Geevv dari sekarang! Semoga Geevv bisa meraksasa di negeri sendiri seperti Naver di Korea Selatan.