Teknologi canggih diciptakan karena dengan keberadaannya dianggap akan sangat membantu pekerjaan manusia. Tanpa teknologi canggih, kita pasti tetap akan berada dalam kehidupan sederhana seperti kehidupan di masa lalu.

Namun, dengan adanya kecanggihan teknologi tidak semuanya digunakan untuk hal positif. Ada saja orang yang memanfaatkan teknologi untuk berbuat hal yang negatif, walaupun inovasi teknologi tersebut tidak diciptakan untuk hal tersebut, ada saja pihak yang menyalahgunakannya.

Seperti apakah teknologi yang disalahgunakan tersebut ? Yuk intip ulasannya seperti beberapa kasus berikut :

1. Pakai VR untuk nonton konten dewasa
Sangat disayangkan , 5 teknologi tercanggih ini malah disalahgunakan
VR adalah teknologi yang sangat digemari karena penggunanya mampu berinteraksi secara nyata dengan dunia maya. Namun sayang, teknologi canggih ini disalahgunakan, seperti untuk menonton konten dewasa.
BaDoink adalah situs pertama penyedia konten dewasa berbasis VR dengan menggunakan Google Cardboard, di bulan Januari 2015. Terlebih lagi dalam promosinya, BaDoink membagikan ribuan pasang Google Cardboard secara cuma-cuma.

2. YouTube untuk ngerakit bom
Sangat disayangkan , 5 teknologi tercanggih ini malah disalahgunakan Situs untuk menonton video yang diupload oleh seluruh masyarakat dunia, yaitu YouTube, disalahgunakan dengan cara mengupload video cara ngerakit bom. Kejadian bom panci di Bandung, serta perampokan bank yang disertai teror bom juga pelakunya mengaku belajar dari YouTube.

3. Membobol ATM menggunakan Internet
Sangat disayangkan , 5 teknologi tercanggih ini malah disalahgunakan Seorang hacker berhasil membobol ATM tanpa meninggalkan jejak sedikitpun, tak terlihat interaksi fisik dengan mesin, juga tak ditemukan jejak Malware di ATM tersebut.
Usut punya usut, bahwa ATM dibobol dengan menggunakan in-memory malware, dengan cara menginfeksi jaringan perbankan seperti yang ditemukan oleh ahli keamanan, Kapersky Lab.

4. Drone untuk mengintip
Sangat disayangkan , 5 teknologi tercanggih ini malah disalahgunakan Awalnya drone diciptakan untuk tujuan milter, seperti melakukan misi penyelamatan. Drone juga biasa dipakai untuk dokumentasi dan biasa digunakan untuk keperluan suting film.
Namun, ada saja orang yang menggunakan pesawat tanpa awak ini untuk mengintip juga memata-matai orang lain.

5. Pemerasan lewat Internet
Sangat disayangkan , 5 teknologi tercanggih ini malah disalahgunakan Kasus serangan cyber terbesar selama tahun 2107 adalah tersebarnya virus ransomware wannacry. Virus ini menyerang ratusan negara dan ratusan ribu komputer di dunia.
Salah satunya adalah menyerang jaringan komputer rumah sakit Dharmais Jakarta, hacker berhasil membobol sistem entry data rawat inap pasien dan meminta sejumlah tebusan sekitar 300 dollar atau 4 juta yang dibayarkan dalam bentuk Bitcoin.

Itulah kelima teknologi yang disalahgunakan, sayang sekali dengan majunya teknologi, ada saja pihak yang menyalahgunakannya.