Runner-up 3 Mister Supranational 2018, Kevin Dasom dari Thailand, bersama dua rekannya, Mathias Duma asal Norwegia dan Ellis Lwin dari Myanmar diundang khusus oleh Mantan Mister Supranational Indonesia 2018, Gandhi Fernando buat mengeksplore berbagai keindahan wisata Pulau (Nusa) Penida.

Saat ditemui di Kota Bandung, Gandhi yang baru saja terpilih jadi President IMP Indonesia ini mengungkapkan bahwa sebagai duta pariwisata dirinya mengundang mereka buat mempromosikan pariwisata Indonesia. Selain itu juga Gandhi mempersilakan para Mister Supranational ini buat mengunggah keindahan Indonesia di media sosialnya masing-masing. Wih, mantap ya nanti kamu bisa curi-curi pandang wajah ganteng dari para mister Supranational ini saat berlibur di Indonesia.

Nah, di Nusa Penida ini ada spot aja sih buat kamu kunjungi sebagai alternatif destinasi di Pulau Dewata selain Pantai Kuta, Sanur atau Tanah Lot? Jika penasaran, yuk kita telusuri bersama ya.

1. Broken Beach.

Saat ke Nusa Penida, jangan lewatkan 4 spot seru ini

Nama aslinya sih Pantai Pasih Uug alias Pantai Karang Patah, tapi para pelancong kadung menamakan pantai ini dengan nama Broken Beach. Tebing setinggi 200 meteran ini berlubang tengahnya, jadi seperti jembatan alam. Air laut berwarna biru jernih yang masuk dan terperangkap di tengahnya membentuk kolam raksasa. Keliatannya memang segar sih, tapi kamu jangan maksain buat nyebur ya, apalagi kalau ga punya ilmunya, bisa bahaya.

Untuk mendapatkan spot foto yang bagus, ada baiknya kamu datang ke sini pagi-pagi antara jam 6 sampai jam 9 pagi, biar kamu ga disengat terik matahari dan padatnya wisatawan.

2. Klingking Beach.

Saat ke Nusa Penida, jangan lewatkan 4 spot seru ini

Pantai berpasir putih dan dikelilingi tebing curam ini wajib kamu kunjungi kalau ke Nusa Penida. Meski perlu perjuangan ektra, tapi kamu gak bakal kecewa deh melihat tebing yang menjorok ke laut dengan air berwarna biru ini. Kalau kamu baru pertama ke sini awas kesasar ya.

Jangan tanyakan arah ke Kelingking Beach pada penduduk lokal kerena mereka lebih mengenalnya sebagai Pantai Karang Dawa. Atau kamu bisa tanya jalan menuju spot manta point. Nah, kamu bakal ditunjukkan deh arah jalan yang benar. Selain bisa menikmati alamnya, kamu juga bisa melihat ikan pari manta yang berseliweran dengan damainya dari atas tebing. Hati-hati jangan terlalu pinggir ya ngambil gambarnya.

3. Kolan Alami Temeling.

Saat ke Nusa Penida, jangan lewatkan 4 spot seru ini

Nah, selain pantai di Nusa Penida ini juga ada beberapa sumber mata air. Saking besarnya bahkan sampai membuat genangan berbentuk kolam, salah satunya adalah kolam air alami Temeling. Lokasinya tersembunyi di tengah hutan lebat dan dikelilingi oleh tebing.

Tempat ini cocok buat kamu yang lagi pengen menyepi atau lagi pengen berduan aja menikmati suasana alam yang asri ditemani oleh kicauan burung. Oya, kolam bisa buat berenang tapi kamu harus perhatiin baik-baik nih karena dari tiga kolam mata air yang ada di sana, hanya dua yang bisa dipakai buat berenang. Itu pun kolam laki laki sama perempuan terpisah. Nah, untuk kolam yang satunya lagi khusus untuk upacara keagamaan dan letak kolamnya juga paling tinggi.

4. Bukit Teletubbies.

Saat ke Nusa Penida, jangan lewatkan 4 spot seru ini

Nah kalau yang ini kamu bisa seru seruan berfoto dengan latar Bukit Teletubbies. Kamu pasti masih ingat dong sama cerita Teletubbiesdi mana para kurcaci ini tinggal di perbukitan berselimut rerumputan.

Tapi kalau kamu mau ke bukit Teletubbies ini bagusnya pas musim hujan karena di musim ini rerumputan pas lagi hijau-hijaunya.Kontur tanah di Desa Tanglad ini bergelombang membentuk gundukan-gundukan kecil menyerupai bukit. Tapi saat musim kemarau sebaiknya kamu jangan ke sini karena rerumputannya jadi cokelat dan gersang.

Wiih keren yah! Ayo kita jelajahi berbagai destinasi wisata yang ada di Indonesia karena masih banyak destinasi yang belum terekspos secara optimal. Tapi ingat ya, tetap jaga dan lestarikan keindahan alam Indonesia!