×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Rumit bak sinetron, The Penthouse digemari penonton Indonesia

0

Film

Rumit bak sinetron, The Penthouse digemari penonton Indonesia

Drama Korea The Penthouse : War in Life dicintai warga Indonesia karena alurnya bak sinetron.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Adinda Amalia Putri

26 / 07 / 2021 18:55

The Penthouse: War in Life adalah seri televisi Korea Selatan tahun 2020-2021 yang dibintangi oleh Lee Ji-ah, Kim So-yeon, Eugene, Um Ki-joon, Park Eun-seok, Yoon Jong-hoon, Bong Tae-kyu, dan Yoon Joo-hee. Drama ini disiarkan di SBS TV dan memiliki 20 episode yang tayang setiap Senin dan Selasa di SBS setiap pukul 22.00 waktu Korea Selatan. Drama Korea tersebut telah memiliki 2 season yang telah sukses ditayangkan, namun dikabarkan season 3 akan tayang pada Juni 2021.

The Penthouse merupakan drama yang ditulis Kim Soon-ok. Ia dikenal sebagai salah satu orang yang kerap membuat jalan cerita amat sensasional seperti The Last Empress (2018), Come! Jang Bo-ri (2014), serta Temptation of Wife (2008).

The Penthouse mengisahkan tentang perselingkuhan, balas dendam dan pembunuhan penghuni tempat mewah, Hera Palace. Hera Palace sendiri merupakan tempat yang menyimpan banyak misteri dan kisah dari orang-orang kelas atas yang bertempat tinggal di sana.

Drama Korea Penthouse juga memiliki rating tinggi dalam perindustrian televisi di Indonesia. Dilansir dari Kompas.com, drama Korea bergenre suspense yang tayang di SBS ini meraih rating tinggi hingga mencapai 28,8% pada episode terakhirnya. Bagaimana tidak, drama Korea ini juga ditayangkan di Trans TV setiap Senin-Jumat pukul 18.00-19.30 WIB. Selain itu warganet juga bisa menyaksikan melalui streaming VOD (Video On Demand), Viu Indonesia.

Dilansir dari katadata.co.id bahwa durasi menonton drama Korea meningkat saat pandemi Covid-19. Sebelum pandemi Covid-19, rata-rata responden menghabiskan sekitar 2,7 jam sehari untuk menonton drama Korea. Durasinya meningkat menjadi 4,6 jam per hari ketika saat pandemi. Drama Korea Penthouse merupakan serial drama yang banyak diminati masyarakat Indonesia dikarenakan alurnya yang menarik menyerupai adegan dalam sinetron di Indonesia yang membuat penonton di Indonesia ingin terus menyaksikan kelanjutan dari setiap episodenya.

Loading...

"Emang The Penthouse diakuin dramatis kayak sinetron di Indonesia, tapi sisi menariknya alurnya ga mudah ditebak, beda dari yang lain. Selain itu juga acting pemainnya bagus-bagus, udah gitu kan dramanya tentang penyanyi opera juga jadinya suka dan jadi tahu akan hal seperti itu. Ya pokonya menarik deh," ucap Qatrunnada, mahasiswi Universitas Veteran Jakarta, salah satu penggemar drama Korea The Penthouse.

Dilansir dalam tirto.id bahwa masyarakat Indonesia menyukai tayangan yang berupa sinetron/rumit. Sinetron memiliki alur cerita yang menggugah emosi sehingga membuat orang banyak tertarik melihatnya sebagai jeda sejenak dari rutinitas. Sama halnya dengan drama asal Korea Selatan The Penthouse, memiliki alur yang membuat penontonnya menggunakan emosi dan menebak-nebak jalan ceritanya.

"Ketertarikannya mungkin karena orang Indonesia sekarang udah familiar sama drama Korea. Jadi, drama Korea apa pun gampang ramenya di Indonesia, apalagi The Penthouse nguras emosi banget kayak alur sinetron mungkin di situ ketertarikan penonton Indonesia," ucap Tazkia, mahasiswi Universitas Trisakti, salah satu penggemar drama Korea The Penthouse.

Sama seperti pendahulunya, The Penthouse 2 juga mendapatkan sambutan begitu hangat di Korea Selatan. Episode yang tayang pada 6 Maret 2021 berhasil mendapat rating 26,9 persen berdasarkan Nielsen Korea. Meski The Penthouse memiliki rating tinggi, namun tayangan The Penthouse juga memiliki alur yang ekstrem seperti pembunuhan dan kekerasan.

Jalan cerita serta visual Penthouse yang sensasional membuat banyak penonton di Korea mengajukan keluhan ke lembaga sensor atau sekaligus Komisi Standar Komunikasi Korea (KCSC). Di Indonesia sendiri pun menuai banyak kritik terhadap drama ini melalui akun Instagram mereka untuk mengurangi adegan kekerasan yang tertuai dalam drama The Penthouse ini.

"Kalo disiarin di TV Indonesia paling kebanyakan sensor dan dipotong, banyak juga adegan pembullyan sebenernya. Jadi emang ga cocok ditayangin di TV siang/sore hari gitu. Kalo mau pas anak-anak udah pada tidur, bisa dipindahin jam tayangnya ke malam," ucap Qatrunnada, mahasiswi Universitas Veteran Jakarta, salah satu penggemar drama Korea The Penthouse.

Meskipun The Penthouse ini memiliki banyak sekali cerita dan keseruan di dalamnya, rupanya masyarakat menilai drama tersebut seharusnya ditujukan untuk dewasa karena memiliki adegan kekerasan serta seksual. Menurut mereka, seharusnya drama The Penthouse mengubah rating sensor mereka dari remaja menjadi dewasa.

"Ya intinya The Penthouse ini seru, menarik, alurnya juga bikin pengen nonton terus dan jadi ikut-ikutan menebak-nebak karena dari episode pertama aja udah bikin penonton candu dan pesan penting yang ada di dramanya tuh nyampe banget ke penonton. Tapi sayangnya tayangan The Penthouse ini not safe for children, terlalu banyak adegan dewasa," ucap Qatrunnada, mahasiswi Universitas Veteran Jakarta, salah satu penggemar drama Korea The Penthouse.

Rating tinggi dan sambutan hangat penonton membuat The Penthouse akan berlanjut hingga season 3. The Penthouse season 2 baru saja tamat pada bulan Maret yang memiliki 12 episode. Masyarakat berharap di season 3 ini tim produksi drama Korea The Penthouse bisa mengurangi adegan yang membuat penonton kurang nyaman jika disaksikan. Masyarakat pun juga berharap season 3 menguak keseluruhan jalan cerita yang masih belum terbongkar yang membuat penonton menanti-nanti yang sebenarnya terjadi dalam drama ini.

"Iya lumayan banyak adegan kekerasannya, walau rating tinggi karena drama ini menarik tapi dikhawatirkan mengganggu psikis untuk penontonya. Harapannya semoga di season 3 gaada adegan ekstrem lagi karena dramanya seru banget tinggal mengungkapkan misteri lainnya saja," ucap Shela, mahasiswi Universitas Brawijaya, salah satu penggemar drama Korea The Penthouse.

Saat ini, The Penthouse 3 sudah tayang kembali pada tanggal 4 Juni 2021 yang bisa disaksikan kembali oleh masyarakat pencinta drama Korea The Penthouse. Saat ini drama season 3 The Penthouse sudah memasuki episode ke-8 di Viu Indonesia dan kisahnya tiap episode membuat tercengang masyarakat Indonesia karena alurnya yang tidak terduga-duga dan membuat masyarakat heran oleh sutradara The Penthouse tersebut.

Akankah drama Korea The Penthouse melanjutkan alur cerita tersebut ke season 4 dan terus membuat masyarakat ingin terus menanti untuk menyaksikannya? Saksikan terus The Penthouse: War in Life.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red