Hampir setiap bulan kamu bisa menemui produk smartphone baru dari berbagai merek yang membanjiri pasar Indonesia, di mana salah satunya adalah Xiaomi Redmi Note 8 Pro yang masih terasa hype-nya pada tahun 2020 ini. Benar saja, walaupun rilisan tahun lalu,HP ini merupakansmartphone midrange terbaik di kelasnya.

Xiaomi Redmi Note 8 Pro dengan berbagai fitur unggulannya yang mencatatkan diri dengan score Antutu Bencmark tinggi hingga 223.061. Nilai itu terbilang sangat tinggi saat itu karena sepadan dengan HP Flagship tahun lalu. Bahkan di Geekbench Xiaomi Redmi Note 8 Pro berhasil mencatatkan untuk Single Core saja sudah 2.496 dan Multi Core nya 7.645. Kemudian dilengkapi juga dengan system pendinginan terbaru sehingga tetap nyaman untuk gaming. Jadi wajar saja jika Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini tetap menjadi idola bahkan hingga tahun ini.

Kamera super 64mp + wide angle.

Sektor kamera menjadi nilai jual pertama kali yang biasa ditawarkan para penjual smartphone. Untuk menunjukkan kebesaran namanya, Xiaomi Redmi Note 8 Pro sudah dilengkapi empat sensor kamera sekaligus. Tidak tangung-tanggung, Xiaomi Redmi Note 8 Pro membawa 4 kamera belakang berkonfigurasi 64 MP (Primer, f/1.9) ISOOCELL GW1 dari Samsung. Kemudian dilengkapi dengan 8 MP (Ultrawide, f/2.2) + 2 MP (Makro, f/2.4) + 2 MP (f/2.4). Untuk kamera depan Xiaomi Redmi Note 8 pro menggunakan kamera beresolusi 20 MP (f/2.0).

Rekomendasi HP flagship killer pada 2020: Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Sekilas dari gambar di atas menunjukkan ketajaman hasil jepretan kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro. Kontrasnya sangat pas bahkan untuk kecerahan langitnya juga tidak lebai. Untuk lebih lengkapnya bisa cek review kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro di channelYouTube para gadget expert, salah satunya seperti channel Sobat Hape.

Processor gamingpaling dingin di kelasnya.

Selain sektor kamera, tentunya sebagai calon pengguna juga pasti mempertimbangkan prosesor yang digunakan Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini. Karena dengan harga yang terbilang murah, kamu tidak ingin mendapatkan prosesor yang ala kadarnya. Selain multitasking yang mumpuni, tentunya kamu juga ingin prosesor yang sangat lancar, nyaman, dan tetap dingin saat digunakan bermain game.

Rekomendasi HP flagship killer pada 2020: Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Ini dia prosesor Mediatek G90T yang sudah dilengkapi dengan Teknologi LiquidCool Pembuangan panas untuk SoC dan pengisian IC. Sehingga memungkinkan menjaga suhu tetap dingin meskipun HP digeber untuk game berat sekalipun.

Rekomendasi HP flagship killer pada 2020: Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Sebagai perbandingan, tahun lalu sistem pendingin seperti Vapor Chamber Cooling hanya ada pada HP Gaming Flagship sekelas Razor. Kemudian ada juga Aero Active Cooling pada ASUS ROG yang berada pada range harga di atas Rp 10 jutaan. Apa gak keren tuh Xiaomi Redmi Note 8 Pro bisa menghadirkan sistem pendingin dengan teknologi Liquid begini di harga midrange.

Baterai Besar 4500 mAhsuper lega.

SebagaiHPgaming tentunya gak mau kalau HP kamu sering kehabisan baterai. Pasti repot banget kalauHP gaming baru dipakai sebentar main game dan browsing tapi sudah kehabisan baterai. Untungnya Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini dibekali baterai besar 4500 mAh.

Rekomendasi HP flagship killer pada 2020: Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini diklaim mampu bertahan hingga 10 jam saat digunakan bermain game. Kalau untuk full game saja bisa bertahan hingga 10 jam, kira-kira jika hanya digunakan untuk kebutuhan browsing, chatting dan sesekali nonton video, kemungkinan besar HP ini bisa digunakan hingga 22 jam lebih. Dan yang lebih keren lagi, Xiaomi Redmi Note 8 Pro hanya memerlukan kurang dari 2 jam untuk pengisian daya hingga penuh.

Rekomendasi HP flagship killer pada 2020: Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Pada saat itu Xiaomi Redmi Note 8 Pro dengan kecepatan charging18 Watt yang memungkinan pengisian daya 4500 MAh penuh dalam waktu kurang dua jam menjadi salah satu peloporHP dengan teknologi Fast Charging ini. Bahkan digadang-gadang menjadi HP pertama yang mempelopori teknologi Fast Charging di kelasnya.

Desain ergonomis yang terlihat seperti mimpi.

Jika dilihat dari segi layarnya yang sangat luas dengan bazel tipis, membuat serasa lega kalau digunakan untuk menonton video atau bermain game. Rasio layar screen to body Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini mencapai 91,4% dan sangat jelas hanya menyisakan sedikit space untuk kamera dan dagu di bagian bawah HP. Terlihat poni kamera beresolusi 20MP tidak mengganggu sama sekali saat dilihat.

Rekomendasi HP flagship killer pada 2020: Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Tidak hanya menyajikan layar yang luas. Xiaomi Redmi Note 8 ini juga sudah dilengkapi lapisan Corning Gorila Glass 5 di panel depan dan belakangnya. Membuat lookHP ini menjadi sangat premium walaupun berada di kelas midrange. Tidak diragukan lagi bahwa lapisan sekelas Corning Gorilla Glass 5 ini akan membuatHP ini menjadi tahan gores. Sehingga tetap aman walaupun tanpa ditambahi perlindungan dari casing sekalipun.

Rekomendasi HP flagship killer pada 2020: Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Desain 3D Ergonomis pada 4 sudut Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini tidak hanya memberikan efek feel premium. Namun juga membuat sangat nyaman saat digenggam di tangan. Sehingga membuat penggunanya akan betah menggunakannya seharian. Kemudian di bagian bawahHP ini sudah dilengkapi dengan portUSB type C yang kekinian dan bahkan ada dua lubang speaker sekaligus. Ini akan membuat efek suara yang dihasilkan sangat memuaskan dan lebih terasa dibandingkan speaker mono padaHP midrange yang ada di pasaran pada saat itu.

Harga offlinedan online.

Untuk pasaran Indonesia sendiri, Xiaomi Redmi Note 8 Pro sudah dibekali RAM 6GB dan storage 64GB minimal. Sehingga sudah cukup sebenernya untuk melakukan pekerjaan multitasking bahkan main game sekalipun. Kalau ingin lebih, tenang saja, Xiaomi Redmi Note 8 Pro juga tersedia di varian RAM 6GB dan storage 128GB. Dengan memori sebesar itu, sepertinyakamu sudah tidak memerlukan memori external.

Rekomendasi HP flagship killer pada 2020: Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Untuk kamu pengguna yang sangat aktif menggunakan HP, bahkan yang gak bisa lepas dari HP semenit saja. Tenang saja, Xiaomi Redmi Note 8 Pro juga sudah tersertifikasi TUV Rheinland sebagai bukti bahwa HP ini memiliki tingkat cahaya radiasi yang rendah. Jadi jelas aman digunakan seharian.

Nah, dari segudang kelebihan Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini, mana yang paling kamu suka? Dengan harga berkisar Rp 3 jutaan, apakah masih kurang buta kamu?

Rekomendasi HP flagship killer pada 2020: Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Satu lagi, fitur unggulan Xiaomi Redmi Note 8 Pro yang jarang sekali ditemukan di HP midrange bahkanpada tahun 2020 ini yaitu fitur NFC. Fitur NFC ini sangat penting, apalagi di masa pandemi seperti hari ini. Di mana pemerintah sedang gencar-gencarnya mengurangi transaksi uang tunai dan lebih menyarankan menggunakan uang digital (Digilta Currency) atau bisa juga dengan dompet digital.

Sekarang transaksi digital bisa lebih mudah tanpa scan barcode jika ada teknologi NFC ini. Hanya perlu mendekatkan HP ke alat pembayaran kasir dan otomatis saldo pengguna sudah terpotong untuk pembayaran transaksi kelen gess. Untuk pembayaran di pintu tol juga bisa. Jadi tidak perlu repot lagi mengeluarkan kartu di dompet. Hanya tinggal mendekatkan HP ke pintu tol, maka otomatis transaksi sudah terbayarkan.

Teknologi NFC ini masih sangat jarang ditemui di HP midrange di Indonesia. Xiaomi Redmi Note 8 Pro lagi-lagi bisa dibilang menjadi pelopor teknologi NFC ini. Bagi kamuyang sudah lama belum upgrade HP, Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini penulis rekomendasikan.

Untuk harga normalnya di Official Store mi.co.id, Xiaomi Redmi Note 8 Pro masih dijual di harga Rp 2,9juta. Kalau beruntungmencari di berbagai marketplace mungkin harganya sudah turun sekitarRp 2,7 juta Rp 2,8 jutaan saja. Karena penjual di marketplace adalah para pedagang retail yang ada toko sekitar kamu yang ingin segera menghabiskan stok lama mereka agar bisa segera mendatangkan unit yang terbaru. Jadi ambil untung sedikit pun tidak masalah, yang penting barangnya laku.

Apalagi kalau kamu mau mencari unit second like new dari tangan pertama. Saya yakin kamu bisa dapat harga yang jauh lebih ramah di kantong. Yang terpenting adalah kamu harus berhati-hati dan teliti saat cek unitsecond-nya. Jangan sampai tertipu harga murah tapi unitnya bekas jatuh terlindas mobil dan sebagainya.

Sampai di sini pembahasan dari saya. Semoga sedikit informasi ini berguna bagi kamu yang ingin upgrade ke HP midrange spec luar biasa. Semoga harimu menyenangkan dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih.