Sesekali bekerja dari tempat yang berbeda dari kantor yang sehari-hari kamu tempati ternyatapunya banyak manfaat yang belum disadari orang. Dari beberapa jenis lokasi yang bisa dan boleh digunakan sebagai lokasi kerja, coffee shop paling pas buat pekerja yang kerap kali membutuhkan suasana berbeda untuk memancing ide-ide segar.

Nah, kenapa sih tempat ini dikatakan bisa memancing kreativitas? Yuk cek penjelasannya berikut.

1. Gangguan bersahabat yang mengiringi kamu bekerja.

Ketika kamu berada di tengah keramaian coffee shop, suara mesin kopi atau obrolan pelanggan lain akan terasa lebih sebagai backsound yang mengiringimu dalam bekerja. Kamu tak mengenal siapapun di sana sehingga tak ada gangguan yang membuatmu terpaksa menghentikan apa yang sedang dikerjakan untuk menghampiri atasan yang memanggil, atau meladeni pertanyaan dan atau telepon yang masuk.

2. Spot duduk yang paling strategis.

Karena ini bukan kantor di mana meja setiap orang sudah ditentukan, kamu bebas memilih mau duduk di mana. Pilihlah spot yang menurutmu paling nyaman atau paling pas untuk bekerja. Biasanya orang-orang yang datang untuk bekerja akan mengincar kursi yang memiliki stop kontak.

3. Suasana baru memberi pencerahan dan inspirasi.

Inspirasi bisa datang dari hal yang sekecil apapun. Tatanan coffee shop yang sudah pasti dirancang agar orang betah berlama-lama di duduk di dalamnya sejalan dengan kebutuhanmu. Ditambah lagi dengan pemandangan pelanggan yang datang dan pergi serta aktivitas barista yang menyiapkan pesanan, semuanya menjadi penyegaran yang menyenangkan bagi otak.

Nah agar tak terjebak dengan tempat yang sama, lain kali bila ada kesempatan untuk bekerja di luar kantor pilihlah coffee shop yang belum pernah kamu kunjungi. Buatlah semacam jadwal bahwa dalam setiap bulan kamu harus mencoba berbagai tempat berbeda untuk bekerja.

4. Membeli menu yang ditawarkan.

Perhitungkan berapa lama kamu akan berada di sana, kemudian buat strategi supaya biaya jajanmu tak melebihi jatah maksimal. misalnya ketika datang, kamu memesan minuman hangat, lalu satu jam kemudian kamu memesan seiris carrot cake. Bila dua jam kemudian kamu masih juga asik dengan suasana di sana, sebaiknya pesanlah menu satu kali lagi.

5. Siapkan daya baterai yang full.

Bukan hanya kamu yang berpikir bahwa bekerja di coffee shop merupakan solusi ketika menemui kebuntuan. Besar kemungkinan tempat duduk yang ada stop kontaknya juga sudah diuasai lebih dulu oleh orang lain. Maka itu selalu isi daya baterai laptopmu sampai penuh sebelum berangkat supaya paling tidak 4 jam pertama kamu aman bekerja tanpa harus menyolok listrik.

Suasana coffee shop yang serba baru memang membuai tapi jangan juga terlalu nyaman, karena biar bagaimana pun itu bukan kantor permanenmu. Jadi jangan protes bila musik yang diputar di coffee shop bukan seleramu. Pasang headset dan mainkan musik dari list Spotify-mu, beres kan?

Jangan juga merasa terlalu aman juga sehingga kamu merasa baik-baik saja berjalan-jalan sejenak dan meninggalkan laptop di atas meja. Di kantor ini bisa dilakukan tapi bukan di ruang publik seperti coffee shop. Bilapun kamu harus pergi ke kamar kecil dan tak ada teman yang bisa menunggui, mintalah tolong pada pramusaji untuk mengawasi barang bawaanmu sebentar.