×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ramadhan sebentar lagi, ini 5 manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh

0

N/A

Ramadhan sebentar lagi, ini 5 manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh

Di hari pertama berpuasa biasanya akan merasa lemas, tapi setelah itu semua racun dalam tubuh akan hilang & sistem kekebalan tubuh pun meningkat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Udin Sedunia

03 / 05 / 2019 10:30

Hanya dalam hitungan hari bulan Ramadhan akan tiba. Bulan di mana umat Islam akan menjalani kewajibannya untuk berpuasa. Selain menahan hawa nafsu, setiap orang yang menjalankan puasa tentunya akan menahan lapar dan haus dari mulai terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.

Ramadhan sebentar lagi, ini 5 manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh

Sumber : https://kapsulmetama.com/

Nah, apa yang akan terjadi jika tubuh menahan lapar dan haus saat berpuasa? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Tubuh akan terasa lemas.

Loading...

Beberapa hari ketika puasa dimulai, pasti kamu akan merasa lapar dan haus. Apalagi saat hari pertama puasa di mana biasanya kamu selalu makan pagi dan siang, tiba-tiba ini tidak. Kondisi ini biasanya akan dialami di hari pertama dan kedua, pada hari-hari ini kamu akan merasa berat dan tubuh pun terasa lemas.

2. Terjadinya proses detoksifikasi.

Setelah satu minggu terlewati, tubuh akan mengalami proses detoksifikasi. Proses ini tentunya sangat baik di mana berbagai racun yang berada pada lemak akan terbuang dan keluar dari tubuh kita.

 

3. Sistem kekebalan tubuh meningkat.

Puasa berarti menahan lapar. Nah, ketika kamu lapar maka tubuh akan bereaksi secara alami agar dapat menghemat energinya. Anggap saja begini, ketika tidak ada makanan yang masuk, ini berarti energi pada sistem pencernaan tidak bekerja (karena tidak ada yang diproses). Ini  membuat tubuh memiliki energi yang tidak terpakai sehingga energi yang tidak terpakai itu akan dialihkan untuk hal lain. Dengan kata lain, sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat.

4. Kinerja sistem pencernaan meningkat.

Di hari-hari biasa sistem pencernaan pasti akan bekerja lebih keras, namun berbeda ketika sedang berpuasa. Ketika berpuasa sistem pencernaan juga bekerja, namun kerjanya sangat ringan. Karena tidak terlalu banyak makanan yang masuk, maka ia akan bekerja untuk membersihkan dirinya sendiri.

5. Perbaikan jaringan tubuh yang rusak.

Telah disebutkan di atas bahwa menjalani puasa dapat menghilangkan racun di dalam tubuh.  Setelah terbiasa menjalani puasa, maka di minggu-minggu terakhir tubuh akan mengalami perbaikan pada setiap sel dan jaringannya.

Hal ini terjadi karena proses detoksifikasi tadi, yang mana membuang racun-racun, menyembuhkan luka, dan kemudian muncullah sel-sel yang baru. Pada intinya jaringan tubuh yang rusak akan kembali normal setelah menjalani puasa.

Nah, itulah 5 manfaat yang akan dialami oleh tubuh kamu.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red