×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Rahasia kebahagiaan negara Skandinavia: Hukum Jante

0

Global

Rahasia kebahagiaan negara Skandinavia: Hukum Jante

Hidup sederhana dengan Janteloven.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

houvantalen 14

04 / 02 / 2021 10:15

Skandinavia merupakan negara yang selalu menempati urutan teratas dalam hal pendidikan, kesetaraan gender, fasilitas kesehatan, sampai tingkat kualitas hidup yang tinggi. Tahun lalu The World Happines mengikutsertakan 153 negara dari seluruh dunia dan mengurutkannya berdasarkan tingkat kebahagiaan penduduk. Adapun, indikator yang menjadi tolok ukur penilaian adalah: 

1. Produk domestik bruto. 

2. Sistem dukungan sosial. 

3. Usia harapan hidup. 

4. Kebebasan dalam menentukan hidup. 

Loading...

5. Tingkat kedermawanan masyarakat. 

6. Tingkat korupsi. 

Hasilnya Finlandia menempati urutan pertama diikuti dengan negara Eropa Utara lainnya seperti Denmark, Norwegia, Islandia, dan Swedia. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan penduduknya. Mereka senantiasa hidup dalam norma-norma yang sudah mengakar dalam kehidupan bersosialnya.

Salah satu norma sosial tersebut adalah "The law of Jante" atau hukum Jante. Apa sih hukum Jante dan bagaimana pengaruhnya terhadap kebahagiaan masyarakat Skandinavia? Tanpa panjang  lebar, yuk simak penjelasan berikut. 

1. Pertama kali muncul dalam sebuah novel. 

Novel yang ditulis Aksel Sandemose

Ternyata hukum Jante pertama kali ditulis dalam sebuah novel berbahasa Norwegia yang terbit pada tahun 1933. Novel dengan judul asli En flykting korsar sitt spår yang ditulis oleh Aksel Sandemose. Novel tersebut bercerita tentang sebuah desa kecil bernama "Jante" di mana penduduknya hidup dengan mematuhi "10 Hukum Jante". 

2. 10 Hukum Jante dalam novel Aksel. 

Janteloven

The law of Jante atau yang dalam bahasa Norwegia dan Denmark di sebut "Janteloven" memuat 10 aturan penting yang wajib untuk dipatuhi. Hukum Jante sendiri di negara Skandinavia merupakan hukum tidak tertulis tetapi sudah menjadi kewajiban masyarakat Skandinavia untuk selalu senantiasa hidup sesuai Janteloven ini. Adapun, aturan yang termuat dalam hukum Jante ini adalah : 

1. Jangan pernah merasa dirimu spesial. 

2. Jangan pernah merasa dirimu sama baiknya dengan kami. 

3. Jangan pernah merasa dirimu lebih pintar. 

4. Jangan berkhayal untuk menjadi lebih baik dari yang lain. 

5. Jangan merasa dirimu lebih tahu dari yang lain. 

6. Jangan pernah menganggap dirimu lebih penting. 

7. Jangan berpikir bahwa anda unggul /baik dalam semua hal. 

8. Jangan menertawakan orang lain. 

9. Jangan berpikir ada orang yang peduli padamu. 

10. Jangan berpikir anda bisa mengajari semua hal. 

3. Dampak positif dari Hukum Jante. 

Menschen

Dampak positif dari menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Janteloven adalah menjadikan seseorang untuk selalu rendah hati, fokus pada pencapaian pribadi; tidak membandingkan dengan pencapaian orang lain. Selain itu, hukum Jante atau Janteloven juga menjunjung tinggi nilai kesetaraan—bahwasannya, setiap orang itu setara: tidak ada yang di atas maupun di bawah.

Nah, jika kamu ingin menerapkan nilai-nilai Janteloven di dalam kehidupan sehari-hari, kamu dapat memulainnya dengan selalu bersyukur atas pencapaian diri, selalu bersikap rendah hati dan tidak merendahkan orang lain, dan yang terpenting menyadari kemampuan diri sebagai manusia yang serba kekurangan dan oleh karena itu, kemauan untuk terus belajar dan berkembang serta membenahi diri adalah hal yang perlu dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red