Sebenarnya banyak orang yang mengetahui kegiatan ini hanya saja mereka lebih sering tidak menghiraukan dengan alasanhal ini terlalu sederhana dan ribet. Banyak juga orang yang bilang bahwayangmelakukan kegiatan ini hanya orang yang punya banyak jadwal atau orang yang teliti. Orang yang tidak seperti itu merasa bahwamerekacukupmenggunakan otaknyadalam menyimpan daftar pekerjaan karena merasahal itu sudah cukup danlebih mudah. Padahal manfaat dari membuat daftar pekerjaanbukan sesederhana itu saja.

Pembiasaan ini adalah salah satu pengaturan pola kehidupan yang lebih tertata. Tertata dalam konteks bisa lebih memperjelas dalam mengurutkan aktivitas pekerjaan. Kebanyakan orang selalu berpikir bahwa melakukan ini harus detail, tapi menurut penulis hal itu tak benar karena jika hal itu tersusun secara mendetail malah hanya akan kesulitan jika nanti ada sesuatu yang tidak terencana terjadi.

Secara mendasar semua orang paham bahwa dengan membuat daftar pekerjaan maka akan membuat pekerjaan bisa lebih jelas serta akan membuat segala aktivitas bisa diurutkan dengan lebih sinkron sehingga akan meminimalisir waktu yang sia-sia, dari sekecil itu pun seharusnya dapat memahami pentingnya membuat hal ini. Walau aktivitas tak padat, dengan membuat ini tetap akan merasakan perbedaan besar disetiap rutinitas yang sedang dilakukan.

Tak perlu susah payah mengingat dan tak perlu susah payah untuk mengira-ngira. Dengan melakukan kegiatan ini maka akan lebih cepat dalam bertindak maupun selalu menyesuaikan di kala kegiatan tak sesuai yang direncanakan. Bisa dibilang dengan membuat daftar ini akan membuka berbagai rencana penanggulangan jika rencana awal terkendala, kesiapan akan apa yang terjadi bisa lebih bersedia. Berbagai peluang ataupun kendala juga bisa lebih diperhatikan dan diwaspadai, mulai dari kemungkinan terbaik hingga kemungkinan terburuk, hal ini juga bisa digunakan untuk belajar ketenangan serta membuat kondisi mental menjadi lebih terjaga.

Jika kita melihat dari segi psikologis, maka dengan membuat daftar ini akan memberikan kepuasan lebih, baik untuk pribadi ataupun orang sekitar. Bisa lebih mempersiapkan dan memperhitungkan adalah sesuatu yang sangat melegakan. Hal ini juga bisa digunakan sebagai pembuktian akan diri sendiri bahwa dalam keseharian juga telah melakukan banyak hal atau menghasilkan banyak hal sehingga akan menciptakan pengakuan pribadi bahwa dirinya sangat berguna.

Karena banyak dari kita yang selama rutinitas merasakan bahwa kita tak menghasilkan apa-apa namun sebenarnya kita hanya melupakan kelakuan kegiatan kita sendiri dalam keseharian. Banyak yang merasa bahwa kegiatan hariannya sia-sia karena standar yang diri kita pakai adalah hal yang hanya berjenis menghasilkan saja, padahal berguna itu tak harus selalu menghasilkan.

Perhatikan contoh dalam menggunakan daftar pekerjaan harian ini. Jika dalam satu hari libur ingin hiburan maka sebelum hari libur buatlah daftar acara, entah itu menonton film ataupun jalan-jalan. Jika menonton film bisa dari menentukan jenis film dan jika berjalan-jalan bisa menentukan tempat mana saja yang ingin dikunjungi, dengan begitu kamu akan lebih menghemat waktu dan juga mengusir emosi buruk yang tumbuh.

Dengan membuat daftar ini juga dapat memacu semangat bekerja serta menuntaskan semua tugas yang telah ditetapkan. Hal ini juga membuat kita lebih berusaha karena termotivasi akan tugas yang sudah ditentukan.