×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Qi clock, mengetahui saat terbaik organ tubuh bekerja optimal

0

N/A

Qi clock, mengetahui saat terbaik organ tubuh bekerja optimal

Pukul berapakah organ tubuh dapat berfungsi dengan baik, bekerja dengan optimal, dan istirahat dilakukan?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DharmaOne 11

18 / 09 / 2019 14:15

Pengetahuan tentang pengobatan tradisional Tiongkok sama luasnya dengan pengobatan modern. Banyak hal yang dapat dipelajari dari pengobatan tradisional Tiongkok, salah satunya adalah Qi clock. Dalam pandangan pengobatan tradisional Tiongkok, tubuh manusia diumpamakan sebuah taman yang besar dan organ-organ penyusun tubuh kita merupakan elemen-elemen seperti logam, kayu, tanah, air, dan api yang harus seimbang agar taman atau tubuh kita terjaga alias tetap sehat.

Organ-organ tubuh, seperti elemen-elemen dalam tubuh kita menurut pengobatan tradisional Tiongkok bekerja optimal dalam waktu tertentu. Dalam waktu 24 jam, ada pembagian waktu yang menunjukkan kapan suatu organ secara optimal bekerja terhadap segala proses dan sistem dalam tubuh kita serta menunjukkan kapan aktivitas seperti makan, olahraga, bekerja, dan istirahat baik untuk kita lakukan. Pembagian waktu inilah yang dikenal dengan Qi clock atau 24 hours organ clock.

Kita dapat mengambil contoh misalnya lambung (stomach) yang bekerja optimal pada pukul 7-9 pagi. Hal ini berarti aktivitas pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan berlangsung dengan sangat baik. Dalam jangka waktu ini, kita mungkin sesekali bisa memakan makanan yang dikenal dengan “bad carbs” atau makanan yang hanya banyak kandungan karbohidrat dan sedikit nutrisi seperti es krim, makanan olahan (sosis, keripik, makanan kaleng), dan permen.

Contoh lain yang dapat diambil adalah ginjal yang menurut Qi clock bekerja optimal dari pukul 5 sore hingga pukul 7 malam. Aktivitas-aktivitas yang menjadi tugas utama ginjal seperti penyaringan darah dan penyaringan senyawa-senyawa kimia banyak dan dan paling baik terjadi dalam rentang waktu ini. Selain optimalnya aktivitas oleh ginjal, rentang waktu ini adalah rentang waktu yang paling baik untuk menyetir maupun konsolidasi.

Di samping organ dan aktivitas-aktivitas dalam Qi clock yang dibahas di atas, masih banyak organ lain dengan jangka waktu tertentu seperti hati, limpa, empedu, sistem endokrin, jantung, kandung kemih, paru-paru, usus halus, dan usus besar. Pada dasarnya, Qi clock dibuat agar seseorang dapat mengikuti aktivitas-aktivitas yang disarankan sehingga orang tersebut dapat hidup teratur agar organ-organ tubuh dapat selalu melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga seseorang semakin dekat dengan kesehatan dan jauh dari penyakit karena elemen-elemen yang seimbang dalam “taman” yang dimiliki manusia.

Loading...

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red