×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Punya banyak manfaat luar biasa, tomat juga bisa cegah kanker hati

0

N/A

Punya banyak manfaat luar biasa, tomat juga bisa cegah kanker hati

Tomat juga efektif mencegah penyakit jantung dan osteoporosis.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Anisa Luciana

27 / 03 / 2019 11:55

Ayo, siapa di antara kamu yang suka menyingkirkan tomat ke pinggiran piring saat makan? Mulai sekarang, kamu harus doyan makan tomat karena manfaat dan khasiatnya yang luar biasa.

Tomat

Mengonsumsi tomat ternyata dapat menurunkan risiko kanker hati yang disebabkan oleh diet tinggi lemak. Hasil sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research mengungkapkan bahwa tomat kaya akan likopen, yakni zat antioksidan yang kuat, antiinflamasi, dan juga anti kanker. 

"Mengkonsumsi tomat utuh dan produk olahannya seperti saus tomat, pasta tomat, produk tomat kalengan, jus tomat, memberikan asupan likopen terbaik," kata Xiang-Dong Wang, Profesor di Universitas Tufts di Amerika Serikat, seperti dilansir dari ndtv.com pada Sabtu, 2 Maret 2019.

 

Loading...

Tomat efektif turunkan risiko kanker hati.

Salad tomat

Menambahkan tomat ke dalam menu diet dapat membantu mengurangi risiko penyakit hati berlemak, peradangan, serta perkembangan kanker hati. Bahkan mengkonsumsi bubuk tomat (sari tomat yang telah diproses ke dalam bentuk serbuk), dikatakan oleh Wang juga terbukti lebih efektif untuk mencegah perkembangan kanker hati daripada mengonsumsi suplemen likopen murni.

Para peneliti mengatakan hal tersebut bisa terjadi karena efek menguntungkan dari nutrisi lain yang terkandung dalam tomat, seperti vitamin E, vitamin C, folat, mineral, senyawa fenolik dan serat makanan.

 

Makanan yang mengandung likopen seperti tomat.

Tomat

Selain tomat, makanan seperti jambu biji, semangka, jeruk bali, pepaya, dan paprika merah juga mengandung likopen, tetapi konsentrasinya jauh lebih rendah dibandingkan dengan tomat.

 

Khasiat lain dari tomat.

Jus tomat

Hasil studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat dan produk olahannya yang kaya akan likopen juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, osteoporosis, diabetes, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker usus besar.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red