Seorang pria dari kota provinsi Henan, Xinyang, menolak hadiah 100.000 yuan (sekitar Rp280 juta) karena telah berhasilmenyelamatkan empat nyawa setelah kecelakaan kapal Phuket, dahe.cn melaporkan pada hari Senin.

Zhang Haofeng menyelamatkan tunangannya dan tiga orang lainnya yang terombang-ambingdi atas laut selama 12 jam ketika dua kapal wisata terbalik di Phuket,Thailand selatan pada 5 Juli 2018 lalu.Zhang ditawari hadiah 100.000 yuan oleh perusahaannya karena keberaniannya, tetapi diamenolak dan mengatakan, "Saya tidak berpikir saya sehebat itu."

Pria ini tolak uang ratusan juta setelah dianggap sebagai pahlawan

"Siapa pun akan melakukan hal yang sama dalam situasi seperti itu."Tunangan Zhang, Meng Ying berkata, "Dia benar-benar baik."Meng mengatakan dia tidak terkejut dengan apa yang dilakukan Zhang karena dia selalu berusaha membantu orang lain dalam kehidupan sehari-hari.

Ayah Zhang juga bangga dengan putranya.Zhang juga mendapat tepuk tangan dari banyak netizen China atas tindakan baiknya.Seorang pengguna internet bernama Chen Guanghuiberkata, "Dia sangat rendah hati.Dia tidak sombong atastindakan heroiknya, tapi inilah tepatnya mengapa banyak orang tergerak oleh ceritanya. Dia adalah seorang pahlawan."

Pria ini tolak uang ratusan juta setelah dianggap sebagai pahlawan
Dua kapal wisata, Phoenix dan Serenata, terbalik di laut lepas diPhuket,Thailand pada 5 Juli. Totalada42 penumpang di kapal Serenata yang berhasil diselamatkan.42 turis di Phoenix diselamatkan, sedangkan47turis Tiongkok kehilangan nyawa mereka.