The Shape of Water, film yang dinobatkan sebagai film Oscar terbaik ini ternyata penuh kontroversi. Film garapan Guillermo del Toro yang berhasil masuk dalam nomine untuk kategori film terbaik Oscar tahun ini, tertimpa musik plagiarisme. Penyandang 13 nominasi Piala Oscar 2018 ini ternyata tidak lepas dari masalah.

Persamaan video musik 'Cinta' Ungu dengan film The Shape of Water

Dari Antaranews seperti dikutip Reuters, The Shape of Water, nominasi untuk kategori film terbaik Oscar tahun ini, tertimpa dari anak mendiang Paul Zindel. Ia menuduh sutradara Guillermo del Toro, produser Daniel Kraus dan studio film Fox Searchlight mari kita lihat cerita, elemen, karakter dan tema dari drama panggung pada 1969 buatan ayah David, Paul Zindel.

Tuntutan hukum tersebut diajukan ke pengadilan federal Los Angeles. David mencantumkan lebih dari 60 kemiripan antara drama panggung Let Me Hear You Whisper, dan The Shape of Water. Kemiripan ini mencakup kisah dasar pada drama dan film tentang petugas kebersihan yang kesepian, bekerja di laboratorium ilmiah selama Perang Dingin, membentuk ikatan cinta dengan makhluk udara yang dikurung dan merencanakan kebebasannya.

Dalam drama panggung Zindel, makhluk inilah merupakan lumba-lumba. Di film garapan Toro, makhluk itu merupakan makhluk setengah manusia, setengah makhluk yang berhabitat di sungai.

Nah, sekarang kita bandingkan juga dengan MV Ungu-Cinta dalam Hati yang sudah mulai sebelas tahun yang lalu. Dalam MV Cinta dalam hati, mengkisahkan seorang pria yang jatuh cinta dengan seorang wanita yang ditaruh dalam akuarium.

Persamaan video musik 'Cinta' Ungu dengan film The Shape of Water

Si si (Darius Sinathrya) hanya ingin melihat si Wanita (Sophia Latjuba) lama kelamaan mereka saling jatuh cinta. Sementara di film, tokoh protagonisnya seorang gadis bisu yang sedang tukang bersih. Yang tertarik juga dengan makhluk eksperimental. Yang lama-kelamaan mereka juga menjalin hubungan. Saling terkoneksi.

Sama-sama si tokoh tidak sempurna, Darius juga digambarakan cupu berkacamata dalam MV. Sama-sama mengkisahkan cinta dua dunia yang tidak bersatu. Pas kita kemiripan, cinta MV Cinta dalam Hati hanya berdurasi menittan.

Namun yang membedakan endingnya. Dalam MV (Music Video) si Pria harus kehilangan si Wanita Aquarium. Karena si Wanita tidak mampu hidup tanpa si Pria. Sedangkan dalam film, endingnya si Petugas juga menjadi makhluk Amphibian juga.

Keduannya punya adegan ending romantis yang memberikan pelajaran untuk tidak melihat pasangan dari fisik saja.
Kita belajar dari kedua, itu "Cinta" bisa dari mana saja.

The Shape of Air dengan kapal 13 nominasi pada upacara Academy Awards, memenangkan film terbaik juga sutradara terbaik.

Sementara MV Ungu-Cinta dalam Hati sudah begitu lama. Namun liriknya yang sangat cocok diputar kembali untuk keperluan bernostalgia.