×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Fakta perkembangan teknologi hard disk yang semakin canggih

0

Gadget

4 Fakta perkembangan teknologi hard disk yang semakin canggih

Bukan hanya sekadar tempat menyimpan file.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hendri Oktaviannur

02 / 02 / 2018 03:35

Dulu, mungkin kita berpikir kalau hard disk hanyalah perangkat keras yang berguna untuk sekadar menyimpan file. Tapi kini, hard disk pun mengalami perkembangan yang pesat. Hard disk memiliki kinerja yang jauh lebih cepat saat transfer data, dan memiliki berbagai layanan yang menjamin keamanan data yang kita simpan. Untuk lebih jelasnya, yuk cek berbagai perkembangan teknologi hard disk terkini di bawah ini.

1. Kinerja yang semakin cepat

Linkedin

Banyak yang berpikir hard disk bagus itu cuman dilihat dari ukuran kapasitasnya saja. Padahal, hard disk juga memiliki kinerja yang berguna saat penyimpanan file dan transfer data. Misalnya saja, SSD internal Nytro. Tentu, hard disk seperti ini memiliki latensi rendah dan berdensitas tinggi. Hard disk tipe terbaru ini memiliki kecepatan hingga 400KIOPS dan 2,1 Gigabyte per second yang membantu waktu transfer jadi lebih cepat.

2. Layanan perlindungan dan keamanan

Loading...

Linkedin

Saat memilih hard disk, ada baiknya untuk memperhatikan apakah hard disk itu resmi atau tidak. Sebab, hard disk resmi memiliki layanan perlindungan dan keamanan yang berguna suatu saat nanti ketika file yang ada di dalamnya rusak atau corrupt. Jadi, kita cukup menghubungi layanan ini apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Tentu tidak lucu apabila file penting yang kita simpan tiba-tiba rusak begitu saja.

3. Kapasitas yang semakin besar

Microsoft

Saat ini peningkatan kapasitas harddisk terus berkembang semakin besar dan sangat cocok untuk seorang programmer, grafik designer, atau film/video editor. Standar minimum untuk kapasitas hard disk minimal 1TB adalah suatu keharusan. Atau bisa memilih di atas kapasitas tersebut, tergantung dari keinginan konsumen, ada opsi 3TB, 4TB, 8TB, bahkan ada yang mencapai 15TB.

4. Tipe yang beragam

www.seagate.com

Hard disk juga memiliki tipe yang beragam. Mulai dari Hard disk bertipe ATA, SCSI, RAID, SATA, hingga hard disk bertipe SSD. SSD memiliki ukuran yang lebih kecil (2,5 inch) dan sudah menggunakan teknologi seperti USB Drive atau memori komputer. Bila diperhatikan bahwa media seperti USB Drive ini tidak memiliki bagian yang bergerak.

Source







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red