Dulu, mungkin kita berpikir kalau hard disk hanyalah perangkat keras yang berguna untuk sekadar menyimpan file. Tapi kini, hard disk pun mengalami perkembangan yang pesat. Hard disk memiliki kinerja yang jauh lebih cepat saat transfer data, dan memiliki berbagai layanan yang menjamin keamanan data yang kita simpan. Untuk lebih jelasnya, yuk cek berbagai perkembangan teknologi hard disk terkini di bawah ini.

1. Kinerja yang semakin cepat

4 Fakta perkembangan teknologi hard disk yang semakin canggih

Banyak yang berpikir hard disk bagus itu cuman dilihat dari ukuran kapasitasnya saja. Padahal, hard disk juga memiliki kinerja yang berguna saat penyimpanan file dan transfer data. Misalnya saja, SSD internal Nytro. Tentu, hard disk seperti ini memiliki latensi rendah dan berdensitas tinggi. Hard disk tipe terbaru ini memiliki kecepatan hingga 400KIOPS dan 2,1 Gigabyte per second yang membantu waktu transfer jadi lebih cepat.

2. Layanan perlindungan dan keamanan

4 Fakta perkembangan teknologi hard disk yang semakin canggih

Saat memilih hard disk, ada baiknya untuk memperhatikan apakah hard disk itu resmi atau tidak. Sebab, hard disk resmi memiliki layanan perlindungan dan keamanan yang berguna suatu saat nanti ketika file yang ada di dalamnya rusak atau corrupt. Jadi, kita cukup menghubungi layanan ini apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Tentu tidak lucu apabila file penting yang kita simpan tiba-tiba rusak begitu saja.

3. Kapasitas yang semakin besar

4 Fakta perkembangan teknologi hard disk yang semakin canggih

Saat inipeningkatan kapasitas harddiskterus berkembang semakin besar dan sangat cocok untuk seorang programmer, grafik designer, atau film/video editor. Standar minimum untuk kapasitas hard disk minimal 1TB adalah suatu keharusan. Atau bisa memilih di atas kapasitas tersebut, tergantung dari keinginan konsumen, ada opsi 3TB, 4TB, 8TB, bahkan ada yang mencapai 15TB.

4. Tipe yang beragam

4 Fakta perkembangan teknologi hard disk yang semakin canggih

Hard disk juga memiliki tipe yang beragam. Mulai dari Hard disk bertipe ATA, SCSI, RAID, SATA, hingga hard disk bertipe SSD. SSD memiliki ukuran yang lebih kecil (2,5 inch) dan sudah menggunakan teknologi seperti USB Drive atau memori komputer. Bila diperhatikan bahwa media seperti USB Drive ini tidak memiliki bagian yang bergerak.