×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pengertian internet, fungsi, manfaat, dan dampaknya

0

Wow

Pengertian internet, fungsi, manfaat, dan dampaknya

Teknologi internet sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia untuk mempermudah pekerjaan dan juga membantu dalam segala hal.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Arya Yudistira

26 / 07 / 2021 16:35

Hampir setiap hari kita menggunakan internet, baik anak-anak, orang dewasa, sampai lansia. Bahkan internet merupakan sebuah kebutuhan yang digunakan setiap hari oleh semua kalangan. Perkembangan internet dan teknologi komunikasi  menjadi sangat cepat berada di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Seiring perkembangan teknologi internet yang sangat pesat, kini teknologi internet bisa digunakan untuk menjangkau keluarga kita yang jauh jaraknya dengan aplikasi yang dihubungkan dengan internet.

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik yang lainnya dengan cepat dan tepat. Internet juga mempunyai standar global dalam penggunaan jaringannya yang biasa disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Istilah TCP/IP ini merupakan bentuk protokol pertukaran paket yang digunakan oleh miliaran pengguna (dalam istilah asingnya yaitu Switching Comunication Protocol). Kemudian proses untuk menghubungkan antara rangkaian internet disebut dengan "internetworking".

Menurut salah satu pakar di bidang IT, Onno W. Purbo (2005) menjelaskan bahwa pengertian internet adalah suatu media yang di gunakan untuk mengefisienkan proses komunikasi menggunakan aplikasi seperti website dan e-mail.

Fungsi internet.

1. Memudahkan untuk mengakses informasi.

Loading...

Sekarang kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah hanya dengan menggunakan internet. Dengan mengakses internet kita dapat menemukan informasi yang diinginkan dan dibutuhkan.

2. Memudahkan komunikasi.

Di era sekarang komunikasi adalah hal yang mudah, sebab dengan adanya internet komunikasi bisa menjadi mudah dan sangat membantu jika ingin berkomunikasi dengan keluarga yang jaraknya sangat jauh.

3. Memudahkan dalam pekerjaan.

Banyaknya perusahaan yang menggunakan internet sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah perusahaan secara cepat dan efisien. Sehingga perusahaan dapat dengan mudah mengontrol dan meng-handle kembali perusahaan dengan adanya internet.

Manfaat internet.

Banyak sekali manfaat internet dalam kehidupan manusia terutama dalam beberapa bidang, yaitu:

1. Bidang bisnis.

Di dalam bidang bisnis, internet sangat bermanfaat dan banyak sekali keuntungan yang didapat, seperti membuat website usaha, membuat bisnis di e-commerce, bisnis start up dan industri bisnis lainnya. Sehingga jangkauan bisnis lebih luas dan dapat dikenal banyak orang.

2. Bidang pendidikan.

Di dalam bidang pendidikan, penggunaan internet adalah salah satu faktor penting yang membantu dalam proses belajar dan pembelajaran. Serta memudahkan dalam media pembelajaran online (daring) seperti pada situasi pandemi seperti ini, dan juga memudahkan pembelajaran melalui aplikasi seperti YouTube dan lainnya.

3. Bidang informasi.

Dalam bidang informasi, internet adalah penyedia sumber informasi yang dirasa lebih efektif daripada kita harus menonton atau memakai media elektronik seperti radio, televisi, dan koran untuk mendapatkan informasi dan berita aktual secara tepat. Karena di zaman sekarang banyak orang mencari informasi melalui internet.

Dampak internet bagi kehidupan.

1. Dampak positif.

Berikut ini adalah dampak positif dari penggunaan internet:

- Memudahkan mendapat informasi.

Salah satu hal yang paling menyenangkan di zaman sekarang dengan adanya internet adalah tersebar banyak informasi hanya dengan menggunakan handphone ataupun laptop. Berbeda dengan zaman dahulu yang harus pergi ke perpustakaan atau took buku agar mendapatkan informasi.

- Membantu dalam hal menyelesaikan masalah dan tugas.

Hal ini dirasakan oleh para pelajar. Ada banyak aplikasi dan informasi pembelajaran melalui internet yang di akses dengan cepat, mudah, dan proses yang interaktif agar para pelajar dapat mengetahui dan mempelajarinya melalui internet.

2. Dampak negatif.

Berikut ini adalag dampak negatif dari penggunaan internet:

- Terjadinya cyber bullying.

Hal ini yang sangat membahayakan terutama di kalangan anak-anak dalam menggunakan internet. Di kalangan mana pun cyber bullying kerap terjadi. Ini bisa menimbulkan pertengkaran dan juga dengan adanya internet privasi tiap orang pun sangat sulit dijamin keamanannya.

- Banyaknya berita hoaks.

Hal ini juga menjadi hal yang sering terjadi di dalam penggunaan internet, Banyak informasi yang tersebar adalah informasi bohong atau yang biasa disebut hoaks. Hoaks juga bisa menimbulkan kesalahpahaman kepada pembaca berita bohong tersebut. Maka dari itu kita haruslebih bijak lagi dalam menggunakan internet.

Teknologi internet saat ini menjadi suatu kebutuhan yang sangat diperlukan, apalagi didukung dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang dan berinovasi. Dengan adanya internet, banyak sekali manfaat yang didapatkan di kehidupan sehari-hari dalam bekerja dan belajar.

Meskipun mempunyai dampak positif, internet juga memiliki dampak negatif yang harus dihindari dalam kehidupan sehari hari melalui media sosial ataupun aplikasi lainnya yang terhubung dengan internet. Maka dari itu, kita sebagai pengguna internet harus lebih selektif dalam menggunakan internet agar tidak terjadi dampak negatif seperti ancaman hoaks yang beredar dengan cepat.

 

Oleh: Muhammad Arya Yudistira / Program Studi Ekowisata, Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red