Mematuhi rambu-rambu lalu lintas sebenarnya tidak sulit, akan tetapi banyak sekali para pengendara yang mengabaikan peraturan-peraturan tersebut sehingga memperoleh surat tilang dari polisi. Namun, pemuda yang satu ini tampaknya cukup gereget menghadapi polisi lalu lintas. Seperti apa kejadiannya?

Video pemuda langgar lalu lintas ngeyel saat ditilang ini viral

foto: instagram.com/@indozone.id

Bermula seorang polisi lalu lintas di Bengkulu melakukan penertiban lalu lintas di jalan,. Seorang pemuda tiba-tiba diberhentikan oleh polisi lalu lintas. Alasannya, karena pemuda yang tidak diketahui namanya ini ketahuan sedang memutar balik di tempat yang tak semestinya. Padahal, di depannya sudah jelas ada rambu lalu lintas yang menggambarkan "Dilarang Memutar Balik".

Saat hendak ditilang, bukannya menyesal pemuda itu justru memerintahkan polisi tersebut untuk mengeluarkan surat perintah resmi penilangan. Polisi lalu lintas itu langsung menanggapi pemuda tersebut dengan menjelaskan isi Undang Undang nomor 22 Tahun 2009 yang menyatakan bahwa polisi berhak menindak pengendara menlanggar tanpa disertai dengan surat perintah. Lalu, pemuda itu terdiam dan bersikap pasrah saat dirinya ditilang.

Video ini viral di dunia maya setelah diunggah oleh akun Instagram @ditlantas_poldabengkulu. Sebagian besar netizen memberikan komentar yang beragam.

"TIDAK UNTUK DITIRU !!!!!!!!!
Lagi2... Masyarakat menanyakan surat perintah tugas sebagai alibi tidak mau di tilang atas kesalahannya ??
Kami informasikan kembali bagi seluruh masyarakat terutama daerah bengkulu.. Bahwa penindakan semua sudah berdasarkan surat perintah yg secara umum maupun khusus mengenai pengaturan rutin di jalan raya, maupun penertiban... Dan anggota kepolisian berhak melakukan penindakan terhadap pelanggaran kasat mata dengan atau tanpa surat perintah yang dibawa.
Silahkan buka dan pahami kewenangan memriksa,, menggeledah,, Dengan atau tanpa surat perintah,,, (tangkap tangan) diatur di UU No 2 th 2002
Dan baca juga.
UU no.22 thn 2009 mengenai lalulintas dan angkutan jalan," tulis akun Ditlantas Polda Bengkulu.

A post shared by DIT LANTAS POLDA BENGKULU (@ditlantas_poldabengkulu) on Sep 27, 2017 at 6:50pm PDT

Akun Instagram @ebi_item menilai pemuda tersebut seperti ini, "Kebanyakan mecin nih orang, beda lagi razia (harus ada surat perintahnya)."

Senada dengan komentar sebelumnya oleh akun Instagram @yuanirawan berkomentar, "Kalo memang tertangkap tangan melakukan kesalahan ya nggak perlu surat tugas lah, cerdas bgt ni anak manusia."

Bahkan, ada juga yang memuji polisi tersebut oleh akun Instagram @feliciayunisaboediana, "Yeyyyyyy !! Salute sama polisinyaa sampe diajarin undang undang gitu... tilang aja pak kalo memang melanggar , biar tau aturan lalin."

Bagaimana nih menurut kalian?