×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Patuhi protokol kesehatan, ini 4 jenis vaksin yang perlu kamu ketahui

0

Kesehatan

Patuhi protokol kesehatan, ini 4 jenis vaksin yang perlu kamu ketahui

Mengapa kita perlu mematuhi protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19? Simak ulasan berikut ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hurria Ulfah

16 / 07 / 2021 16:25

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh Virus Severe Acute Respiratory syndrome coronavirus 2. Virus ini menginfeksi organ pernapasan manusia yang menimbulkan berbagai gejala, mulai dari gejala ringan seperti batuk, flu dan dapat menyebabkan kematian.

Virus ini berawal dari sebuah kota di Cina yaitu Wuhan pada Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO (World Health Organisation) pada 11 Maret 2020. Penyebaran virus ini sangat mudah, hanya melalui percikan pernapasan (droplet) yang bisa saja terjadi ketika saat batuk atau bersin. Virus ini juga dapat menyebar melalui benda yang terkontaminasi kemudian menyentuh ke wajah seseorang. Oleh karena itu virus ini tidak hanya menyebar di Cina tetapi telah menyebar ke berbagai puluhan negara di dunia termasuk Indonesia.

Sampai saat sekarang ini lonjakan kasus Covid-19 semakin meningkat bahkan mengalami kenaikan yang sangat drastis. Di Indonesia, telah dilakukan berbagai upaya untuk  mengurangi penyebaran rantai Covid-19 seperti mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia.

Berikut adalah berbagai protokol kesehatan yang dapat dilakukan untuk mencegah agar kita terhindar dari virus Corona.

1. Memakai masker saat keluar rumah.

Loading...

Menggunakan masker ketika saat keluar rumah merupakan hal yang sangat penting karena virus Corona termasuk virus yang penyebarannya sangat mudah. Hanya melalui droplet dan ketika kita berada di luar ruangan kemudian berinteraksi dengan seseorang yang tidak tahu status kesehatannya, yang mana bisa saja orang tersebut terpapar Covid-19. Oleh karena itu kita harus selalu menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan.

2. Menjaga jarak.

Menjaga jarak juga merupakan salah satu bagian dari protokol kesehatan. Minimal kita harus menjaga jarak satu meter untuk menghindari droplets dari seseorang ketika bicara, bersin, ataupun batuk.

3. Mencuci tangan.

Mencuci tangan merupakan hal yang sangat perlu dilakukan pada masa pandemi sekarang ini. Mencuci tangan bertujuan untuk menghindari mata, hidung, dan mulut yang bisa saja terkontaminasi droplet yang mengandung virus.

4. Mengurangi mobilitas.

Virus Corona bisa berada di mana saja. Dengan mengurangi aktivitas di luar rumah maka akan semakin besar kemungkinan terhindar dari Covid-19.

5. Menjauhi kerumunan.

Ini merupakan hal yang harus dilakukan ketika berada di luar ruangan. Sebab semakin banyak kita bertemu dan berkumpul dengan seseorang maka akan semakin tinggi risiko terpapar Covid-19.

Selain mematuhi protokol kesehatan kita juga harus melakukan vaksinasi Covid-19. Apa sih vaksinasi Covid -19?

Vaksinasi merupakan pemberian vaksin kepada masyarakat Indonesia yang bertujuan untuk melindungi tubuh dengan menciptakan respons antibodi di tubuh tanpa harus sakit karena virus Corona. Vaksinasi sendiri merupakan salah satu upaya dari pemerintah Indonesia dalam memutus rantai persebaran Covid-19.

Berikut beberapa vaksin yang digunakan di Indonesia dan telah mendapatkan izin dari Kementrian Kesehatan Indonesia.

1. Vaksin Sinovac.

Merupakan vaksin pertama yang digunakan di Indonesia. Vaksin ini berasal dari Tiongkok yang telah ditetapkan oleh WHO sebagai salah satu jenis vaksin yang dapat digunakan ketika kondisi darurat. Vaksin ini juga telah mendapatkan izin dari BPOM dan telah memperoleh sertifikat halal oleh MUI. Vaksin ini mengandung virus yang telah dimatikan dan memiliki beberapa efek samping seperti kemerahan pada area yang disuntik, pusing ataupun sakit kepala.

2. AstraZeneca.

Merupakan salah satu vaksin yang berasal dari Inggris. Vaksin ini mengandung virus hasil rekayasa genetika dan virus flu yang tidak berbahaya. Vaksin ini memiliki efek samping yaitu kemerahan di sekitar area yang disuntik, demam, muntah, nafsu makan berkurang, radang tenggorokan, flu, dan batuk.

3. Moderna.

Merupakan salah satu vaksin yang berasal dari Amerika Serikat yang berbahan dasar messenger RNA atau mRNA. Vaksin ini dapat diberikan kepada seseorang yang telah berusia 18-55 tahun ke atas. Efek samping dari vaksin ini sendiri adalah kemerahan dan bengkak pada area yang disuntikkan.

4. Novavax.

Vaksin Novavax juga merupakan vaksin yang berasal dari Amerika yang berbahan dasar protein subunit. Vaksin ini bisa diberikan kepada seseorang yang telah berusia 18-59 tahun sama seperti vaksin lainnya. Vaksin ini juga memiliki beberapa efek samping, yaitu seperti sakit pada bagian yang disuntik, ruam, pusing, tegang otot, demam, mual, dan muntah.

Protokol kesehatan merupakan hal sangat penting untuk kita patuhi, karena apabila semua warga Indonesia mematuhi protokol kesehatan maka penyebaran rantai Covid-19 di Indonesia akan segera berakhir. Vaksinasi juga sangat penting karena dengan vaksinasi bisa mencegah diri kita agar tidak terserang oleh Covid-19.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red