Sekarang ini banyak sekali acara-acara televisi yang memperbolehkan masyarakat umum berpatisipasi di dalamnya untuk mendapat hadiah yang fantastis. Acara semacam ini disebut reality show. Di Indonesia acara semacam ini sangat banyak jenisnya dan disukai banyak orang, beberapa diantaranya adalah Indonesian Idol, The Voice Indonesia, X Factor, Indonesia Got Talent, dsb. Acara-acara ini sudah banyak sekali menghasilkan bakat-bakat yang pada akhirnya menjadi terkenal.

Kebanyakan acara-acara itu diadaptasi dari acara-acara yang berasal dari luar negeri. Nach, selain di dalam negeri ada segelintir orang Indonesia yang mencari peruntungannya dengan mengikuti acara semacam ini di luar negeri dengan berbagai macam alasan. Ada yang memang sedang tinggal di negara tersebut maupun sekedar mencari penonton yang lebih banyak dan mendunia. Ada yang gagal, adapula yang melangkah cukup jauh.

Berikut beberapa orang Indonesia yang ikut ajang pencarian bakat di luar negeri dan berhasil membuat bangga masyarakat Indonesia :

1. Ana & Fia

Pasangan ibu dan anak ini ikut dalam ajang Britain's Got Talent 2016. Di audisi pertamanya mereka bernyanyi membawakan lagu "Tell Him" dari Celine Dion dan Barbara Streisand. Penampilan mereka memukau semua orang disana termasuk Simon Cowell beserta juri lainnya, dan lolos ke babak berikutnya. Sayang di babak berikut perjuangan mereka terhenti karena tidak mendapatkan voting yang cukup.

2. Demian Aditya

Demian yang sebelumnya sudah cukup terkenal sebagai pesulap di Indonesia mengikuti ajang pencarian bakat America's Got Talent 2017. Disini dia mempertunjukkan atraksi-atraksi menarik nan berbahaya, yang kesemuanya menunjukkan betapa hebatnya dia sebagai seorangescape artist. Langkahnya terhenti di babak ketiga dikarenakan adanya kesalahan teknis pada instrumen sulapnya yang mengakibatkan salah satu fungsi alat itu tidak berjalan dengan baik. Tapi cukup membanggakan kok.

3. Sandhy Sondoro

Sebelumnya dirinya terkenal sebagai salah satu penyanyi Indonesia dengan suara yang bagus dan unik, ternyata Sandhy juga pernah mengikuti kontes menyanyi di Jerman ketika dia sedang kuliah disana. Walaupun tidak sampai juara, tapi penampilannya kala itu membuat banyak orang terkesima.

4. Angela July

Angela yang sebelumnya pernah mengikuti X-Factor Indonesia 2015 kembali mengikuti ajang pencarian bakat. Tapi kali ini dia mengikuti ajang Asia's Got Talent 2017 yang jurinya adalah David Foster, Anggun, dan Jay Park. Di audisi pertamanya dia sukses menyihir para juri dengan lagu "True Colors" dan menuai banyak applause dari penonton, karena selain suaranya yang indah, Angela mengiringinya dengan alunan harpa yang merdu. Dia kembali lolos pada penampilannya yang kedua. Akankah Angela dapat menjadi juara? Kita lihat saja nanti.

5. Sacred Riana

Sama seperti Angela July, Riana juga mengikuti ajang Asia's Got Talent 2017. Tapi bakat yang dia suguhkan adalah sulap yang terkesan horor. Pada audisi pertama dia sukses membuat para juri ketakutan dengan pertunjukannya yang misterius dan mendebarkan. Di babak berikut kesan misterius dan horor masih melekat dalam pertunjukannya. Memang lain daripada yang lain nich Sacred Riana!

6. Maharasyi

Maharasyi yang juga keponakan dari penyanyi senior Indonesia Emilia Contessa mengikuti ajang The Voice di Amerika. Di blind auditionnya, Maharasyi sukses membawakan lagu "Tell Me Something Good" dari Caka Khan dan membuat Miley Cyrus dan Jennifer Hudson berpaling. Pada akhirnya Maharasyi memilih Jennifer Hudson sebagai coachnya. Dia gugur di babak battle karena kalah bertanding dengan penyanyi lainnya.