Salah satu serangga yang sering mendatangi rumah kita adalah nyamuk, dan jumlah mereka bisa menjadi sangat banyak di musim-musim tertentu. Tapi selain dengan menggunakan pestisida, nyamuk juga bisa diusir dengan cara alami dengan menggunakan tanaman-tanaman berikut ini.

1. Tapak dara(Catharanthus roseus)

Pasti banyak yang sering melihat bunga ini tapi tidak tahu namanya dan apa khasiatnya. Tapak dara baunya mungkin tidak mengenakkan, tapi itulah yang membuat nyamuk menyingkir. Mengusapkan bunga tapak dara ke kulit akan membuat nyamuk menjauh, terutama jika kita berada di luar ruangan. Bunga ini banyak dijadikan pilihan karena selain bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, perawatannya mudah, dan bunganya membuat tanaman ini cocok dijadikan sebagai tanaman hias.

5 Tanaman yang mampu usir nyamuk, alami sekaligus sehat nih

2. Zodia(Evodia sauveolens)

Tumbuhan yang ini juga mungkin banyak yang pernah melihatnya, bahkan memilikinya di rumah. Tumbuhan ini mengeluarkan bau yg sangat khas seperti bau amonia. Bunganya putih kecil-kecil dan bisa tumbuh di tempat yang beriklim dingin maupun panas. Letakkan potongan daun dan bunga zodia di beberapa sudut di dalam rumah, nyamuk pun akan enggan mendekat. Bau dari bunga dan zodia yang sudah dipotong juga awet hingga beberapa hari

5 Tanaman yang mampu usir nyamuk, alami sekaligus sehat nih

3. Serai (Cymbopogon citratus)

Lebih dikenal sebagai bumbu masak dengan aroma yang khas. Dalam bahasa Inggris disebut dengan nama lemon grass, tumbuhan ini memang termasuk ke dalam keluarga rumput-rumputan. Iris-iris serai, taruh dalam mangkuk, dan simpan di sudut ruangan. Bau yang keluar dari irisan serai akan membuat nyamuk menjauh. Serai juga bermanfaat untuk meringankan sesak napas, terutama pada penderita asma. Rebus serai dengan gula merah secukupnya, dan minum selagi hangat.

5 Tanaman yang mampu usir nyamuk, alami sekaligus sehat nih

4. Lavandula(Lavandula spica)

Lebih dikenal dengan nama lavender. Inilah bunga yang paling dikenal sebagai bunga wangi yang ampuh mengusir nyamuk. Sayangnya, lavender hanya bisa berbunga dengan baik jika ditanam di daerah dataran tinggi atau yang beriklim sejuk.

5 Tanaman yang mampu usir nyamuk, alami sekaligus sehat nih

5. Rosmarin (Rosmarinus officinalis)

Banyak orang yang menyangka kalau bunga ini adalah lavender. Rosmarin dibawa ke Indonesia di masa penjajahan Belanda dan kini dikenal dengan nama dalam bahasa Inggris, rosemary. Bunganya yang sudah kering biasa dijadikan bumbu masak. Selain mengusir nyamuk, aroma dari bunga rosmarin juga bisa mengusir serangga seperti lalat dan lalat buah.

5 Tanaman yang mampu usir nyamuk, alami sekaligus sehat nih