Selain terkenal sebagai daerah destinasi wisata syariah, ternyata Aceh juga menyimpan potensi wisata alam yang tidak kalah menarik. Bahkan, keindahan serta keanekaragaman hayatinya berhasil membuat seorang aktor Hollywood tertarik berkunjung. Penasaran? Yuk simak!


1. Gua Sarang, Sabang.

 4 Spot wisata paling menakjubkan di Aceh, pecinta alam wajib ke sini

Sabang tidak hanya memiliki pantai yang indah, di lokasi ini terdapat juga wisata gua bernama Gua Sarang. Lokasi tempat wisata ini terletak di Gampong Iboih, yang berjarak kurang lebih 28 kilometer dari pusat kota Sabang. Gua yang menjadi tempat bersarangnya burung walet dan kalong ini akan memanjakan matamu dengan guratan dinding-dinding batu di kaki tebing sebuah perbukitan lebat. Ditambah lagi, lokasinya yang berdekatan dengan laut akan membuat keindahan panorama di sekitarnya semakin komplit.


2. Pantai Lange, Aceh Besar.

 4 Spot wisata paling menakjubkan di Aceh, pecinta alam wajib ke sini

Untuk bisa menikmati keindahan pantai yang berjarak 20 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh ini, dibutuhkan usaha yang sedikit lebih ekstra guys. Pasalnya, tempat wisata ini jauh dari pemukiman penduduk alias masih terisolir. Untuk dapat ke sini, kamu harus lebih dulu mendaki bukit dengan kemiringan 45 derajat . Pendakian ini kurang lebih memakan waktu sejam. Setelah tiba di lokasi ini, segala kerja kerasmu akan terbayar begitu melihat keindahan pantai dan hutannya yang masih begitu alami.

Dari pantai ini pula, kamu bisa menyaksikan sebuah fenomena langka, di mana dua air mancur menyembur dari balik celah-celah bebatuan. Atau, kalau kamu ingin melihatnya lebih dekat, kamu bisa langsung menuju lokasinya, yakni di pantai Le Rah. Pantai Le Rah berada di sisi kanan pantai Lange dengan jarak kurang lebih 500 meter. Tapi, lagi-lagi, untuk dapat ke sana, kamu harus lebih dulu mendaki dan menuruni bukit dengan keringgian 4 meter.


3. Gunung Burni Telong, Bener Meriah.

 4 Spot wisata paling menakjubkan di Aceh, pecinta alam wajib ke sini

Bagi kamu yang mengaku petualang sejati yang hobi menaklukkan puncak gunung, coba deh berkunjung ke sini. Gunung yang memiliki ketinggian 2.624 mdpl ini, mempunyai panorama alam yang tidak kalahnya dari gunung-gunung lain di Indonesia. Selain, dapat menikmati sunrise atau sunset lengkap dengan samudera awannya, di sini juga terdapat lokasi tempat di mana Bunga Edelweis, tumbuhan khas pegunungan yang katanya langka itu, tumbuh subur. Tapi ingat, tetap ingat kode etik para pendaki untuk tidak memetik bunga yang dilindungi ini ya guys!


4. Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh Tenggara.

 4 Spot wisata paling menakjubkan di Aceh, pecinta alam wajib ke sini

Nah, ini dia wisata alam yang sempat ramai dibicarakan pada tahun 2016 lalu. Penyebabnya adalah karena kunjungan seorang aktor hollywood tampan, yang juga sangat concern pada lingkungan. Siapa lagi kalau bukan Leonardo di Caprio.

Dikutip dari detiktravel.com, Leonardo Di Caprio datang bersama teman-temannya, aktor Adrien Brody, Fisher Stevens dan sejumlah kru. Mereka melihat langsung keanekaragaman flora dan fauna di sana, seperti gajah sumatera dan orang utan. Petualangan mereka ke TNGL, adalah untuk mendukung kegiatan konservasi di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Nah, itu dia guys 4 tempat wisata alam menakjubkan yang terdapat di Aceh. Kira-kira, kamu tertarik berkunjung ke mana?