Setelah merilis single Long as I Get Paid, Agnez Mo pun akhirnya resmi meluncurkan album internasional pertamanya beberapa waktu lalu bertajuk X . Sebagai informasi, album Xini sendiri terdiri dari 10 lagu yakni Million $ Lover, Long As I Get Paid, Sorry, Wanna Be Loved, Backroom, Karma, Damn I Love You, Beautiful Mistake, dan Get What You Give.

Tak lama setelah itu, Agnez pun langsung merilis video klip dari single kedua album tersebut berjudul Damn I Love You. Sejak dirilis 10 Oktober lalu, banyak warga net yang mengapresiasi lagu itu lantaran musiknya dinilai lembut, namun tetap mengusung genre R&B dan hip hop kekinian.

Meski kemampuan Agnez Mo sebagai artis multitalenta tak perlu diragukan lagi, namun tetap saja sepak terjangnya tak pernah luput dari berbagai tuduhan plagiarisme. Lantaran itu pula, banyak pihak menganggap jika Agnez belum sepenuhnya total menunjukkan identitas diri dan ciri khasnya.

Apa saja daftar tuduhan plagiarisme yang pernah dialamatkan pada penyanyi 31 tahun itu? Berikut ulasannya:

1. Video klip dan lagu Tak Ada Logika

Ini 5 tuduhan plagiat yang pernah dialamatkan kepada Agnez Mo

Sejak mengawali debut karirnya sebagai penyanyi remaja pertama kali lewat single Bilang Saja tahun 2004 lalu, Agnez memang disebut-sebut selalu mengekor dua penyanyi papan atas dunia Britney Spears dan Christina Aguilera yang begitu populer di akhir tahun 1990-an. Tak terkecuali, dalam single Tak Ada Logika tahun 2009, banyak orang menyoroti kemiripan unsur vokal dengan lagu Cant Hold Us Christina Aguilera (bagian OoOo) serta memasukkan teriakan sing it seperti halnya yang dilakukan Britney Spears dalam video klip You Drive Me (Crazy).

2. Pose sensual cover lagu Boy Magnet

Ini 5 tuduhan plagiat yang pernah dialamatkan kepada Agnez Mo

Tahun 2013, saat Agnez merilis single internasional kedua Boy Magnet, perhatian publik pun turut mengarah pada penampilannya dalam cover single tersebut. Bagaimana tidak, setelah kegagalan single internasional Coke Bottle masuk peringkat Billboard, posenya untuk cover single Boy Magnet pun juga dituduh hasil plagiat oleh warga net. Pose Agnez Mo saat itu dinilai sangat mirip dengan pose Britney Spears yang juga meliukkan badan dengan kedua tangan ke atas di mana memperlihatkan perutnya yang rata dengan latar abu-abu. Perbedaannya Britney menggunakan celana pendek bahan jeans dan Agnez menggunakan hotpants.

3. Gaya rambut pirang

Ini 5 tuduhan plagiat yang pernah dialamatkan kepada Agnez Mo

Tak cuma soal lagu, sebagai penyayi papan atas, Agnez Mo selama ini juga dikenal sebagai trendsetter di industri mode dan fesyen. Gaya rambut Agnez pun kerap bergonta ganti, namun dua gaya rambut Agnez yang paling menjadi sorotan adalah saat ia memotong rambut panjangnya yang dicat pirang mirip dengan Lee Chae Rin (CL) personil 2NE1 dan gaya rambut pendek pirang mirip Katy Perry yang hingga kini ia pertahankan. Beberapa pengikut Agnez di Instagram pun menyebut jika kekasih Wijaya Saputra ini disebut gemar meniru dan tak punya kepribadian.

4. Video klip Long as I Get Paid

Ini 5 tuduhan plagiat yang pernah dialamatkan kepada Agnez Mo

Setelah, heboh soal gaya rambut ala Katy Perry, akhirnya Agnez resmi meluncurkan single internasionalnya berjudul Long as I Get Paid beberapa waktu lalu. Meski mampu mendulang belasan juta penonton dalam waktu dua minggu hingga diliput media ternama Amerika Serikat (AS), tetap saja beberapa warga net sempat menyoroti beberapa hal berbau plagiarisme dalam video tersebut. Dari mulai konsep video yang dinilai mirip dengan video klip Nicki Minaj No Frauds, sampai mengambil lokasi syuting yang sama dengan penyanyi Lady Gaga.

5. Video klip Damn I Love You

Ini 5 tuduhan plagiat yang pernah dialamatkan kepada Agnez Mo

Ya, kontroversi jiplak menjiplak tak berhenti sampai situ. Seperti halnya aksi maupun konsep video yang pernah dirilis Agnez Mo sebelumnya, video klip Damn I Love You pun kembali mendapat sorotan dari sebuah situs Idolator.com, lantaran konsepnya dinilai sangat mirip dengan video musik Ariana Grande bertajuk Into You. Dalam video klip Agnez yang baru itu pun, memang diawali dengan intro yang agak panjang di mana Agnez bermesraan dengan seorang pria Afro Amerika di sebuah ruangan dan padang pasir mirip dengan beberapa adegan sensual Ariana Grande dalam Into You.

Nah, gimana nih kalau menurut kalian?