Kita menggunakan plastik setiap hari, belanja ke pasar dikasih kantong plastik, beli makanan buat dibawa pulang pakai wadah dan kantong plastik, beli air mineral yang kemasannya botol plastik. Tiap hari ada aja plastik yang kita pakai.

Tahu nggak? Kalau sampah plastik di Indonesia saja mencapai 64 juta ton per tahun. Dan plastik butuh waktu beratus-ratus tahun untuk terurai. Kebayang dong, misalnya kita ambil waktu tercepat plastik terurai, yaitu 100 tahun. Berarti ada 6400 juta ton sampah plastik di Indonesia saja.

Parahnya lagi, ikan dan burung di laut mengira plastik ini makanan. Loh kok bisa? Jadi, plastik itu salah satu tempat ganggang bertumbuh. Ganggang ini dimakan oleh krill, makanan utama burung laut. Pas ganggang ini dimakan, ada bau asam DMS (Dimethyl Sulfide) yang tersebar dan menarik burung laut datang. Karena baunya sama, jadi deh dimakan plastiknya. Begitu juga dengan ikan, dan kura-kura.

Miris, sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun!

Terus ikan dan burungnya kita konsumsi deh. Seram yah!

Makanya yuk kurangi penggunaan plastik. Bawa kantong belanjaan sendiri, botol minum sendiri. Memang lebih ribet, tapi hasilnya juga bisa kita nikmati. Lingkungan jadi lebih bersih dan nyaman untuk ditinggali.