Masyarakat di Rusia memiliki kebiasaan unik, yaitu meminum getah pohon birch yang dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Tradisi ini muncul sejak zaman Rusia kuno bebarengan dengan munculnya kvas (minuman dari hasil fermentasi roti dan malt) yang kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan anggur.

Menakjubkan, ini manfaat minum getah pohon turun-temurun di Rusia

Namun bukan hal yang mudah untuk mendapatkan getah kayu birch tersebut. Mereka harus pergi ke hutan di bulan-bulan tertentu, khususnya antara Maret hingga akhir April.

Caranya dengan membuat lubang kecil di batang pohon sedalam beberapa sentimeter. Kemudian masukkan sedotan, dan taruh toples di bawahnya. Satu pohon birch dapat menghasilkan dua sampai tiga liter getah sehari.

Menakjubkan, ini manfaat minum getah pohon turun-temurun di Rusia

Kebiasaan aneh tersebut hanya bisa ditemui di Rusia dan tidak ditemui di tempat lain. Menurut berbagai penelitian, perasan atau getah pohon kayu birch ini bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya dapat bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan pembuluh darah, mengobati infeksi, kerusakan gigi, dan lain sebagainya.

Untuk tetap menjaga kelestarian pohon birch, maka setiap selesai mengambil getah, pohon harus segera ditutupi agar tidak mati. Hingga kini kebiasaan aneh tersebut masih tetap terjaga dan dilestarikan oleh sebagian penduduk Rusia.