Wisata curug di Bandung Barat cukup banyak. salah satunya Curug Layung yang berada diDesa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat. Keberadaan Curug Layung juga tidak jauh dari Curug Cimahi. Sekitar 2,5 kilometer dari Curug Cimahi.

Keberadaannya di kaki Gunung Tangkuban Parahu juga menjadi salah satu faktor tempat ini dipenuhi oleh hutan pinus. Di sebalah utara, mata pengunjung dapat menatang luas hujan alami dari Gunung Tangkuban Perahu. Sementara di sebelah barat, terlihat jelas pemandangan Gunung Burangrang. Serta di sebalah selatan pemandangan akan terarah pada view Kota Bandung Raya yang bentunya berupa cekungan.

Untuk masuk ke Curug Layung, pengunjung bisa masuk dari arah Curug Cimahi, lalu terus ke arah barat, Jl Kolonel Masturi selanjutnya masuk ke jalan Komando yang mau ke Situ Lembang. Selain itu, bisa diakses melalui jalan Cihanjuang Cimahi, terus ke arah urara melewati Curug Cimahi, Curug Tilu dan beberapa objek wisara yang terdapat di kawasan Cisarua.

Keindahan Curug Layung dapat dinikmati setelah pengunjung berjalan kaki sekitar 500 meter dari post tiket. Di sepanjang perjalanan menuju Curug Layung, pengunjung akan menikmati hutan pinus. Tidak jarang, wilayah hutan pinus ini dijadikan tempat berkemah.

Karena lokasinya di wilayah kaki Gunung Tangkuban Perahu, mata kita akan dimanjakan dengan hujaunya hutan. Curug Layung hanya memiliki ketinggian air terjun empat meter dadn menjadi hulu dari sungai Cimahi.Walaupun begitu, wisata ini dibidik oleh pengunjung para remaja yang menyukai hiking.

Wisata ini terbilang wisata baru. Sekitar 2012, wisata ini baru dibuka. Sebelumnya tempat ini di tutup untuk umum dikarenakan lokasinya termasuk wilayah untuk latihan Komandan Pasukan Khusus (Kopassus). Tempat ini cocok untuk pecinta aktivitas di ruang terbuka serta dekat dengan alam.

Trek menuju Curug layung terbilang lebih landai dibanding Curug Cimahi. Luas area sekitar 11,6 hektar cocok untuk dijadikan sebagai kawasan camping ground. Sementara, harga tiket masuk sekitar Rp 5 ribu perorang. sementara. Untuk melakukan kegiatan perkemahan pengunjung dikenakan biata Rp 10 ribu perorang.

Untuk fasilitas, pengunjung tidak perlu khawatir fasilitas kamar mandi sudah memadai. Walaupun parkiran kendaraan masih belum memadai. Kebutuhan makan para pengunjung tersedia warung sederhana yang menyediakan makanan sederhana. Tempat ini merupakan wisata yang memang sengaja dibuat sangat dekat dengan alam.