×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Menikmati kesegaran es drop, jajanan legendaris asli Blitar

0

Jalan-Jalan

Menikmati kesegaran es drop, jajanan legendaris asli Blitar

Foto: https://www.instagram.com/p/BXHKKTmnUUP/?utm_source=ig_embed

Mengenal lebih jauh tentang es drop, jajanan legendaris khas Blitar.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Amelia Fernanda

03 / 12 / 2019 10:45

Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan nama ' es drop'. Seperti salah seorang teman ketika saat saya tanya tentang es tersebut. Ia tidak tahu dan tidak pernah mendengar mengenai es tersebut sebelumnya. Saya lalu teringat kata ibu bahwa pemasaran es drop hanya ada di daerah tertentu saja. Terutama banyak ditemukan di kota produksinya yaitu di Blitar, Jawa Timur. Namun ada juga penjual yang memasarkan es drop hingga ke kota saya, Kediri.

Sebenarnya es drop berbentuk layaknya es lilin pada umumnya. Panjangnya kurang lebih 10 cm. Bedanya, stick yang dipakai adalah stick dari bambu dan esnya dibungkus selongsong kertas, bukan plastik. Tapi tenang, hal itu tidak membuat cita rasanya berkurang. Es drop juga tersedia dalam berbagai varian rasa. Di antaranya cokelat, stroberi, durian, vanilla, kacang hijau, dan pudding.  

Uniknya lagi es drop dijajakan oleh pedagang keliling yang biasanya naik sepeda. Dengan membawa wadah tabung kaca berwarna merah, sang pedagang biasanya membunyikan lonceng dan meneriakkan es drop dengan nada serta gayanya masing-masing. Untuk bisa mendapatkan satu batang es drop ini kamu hanya merogoh kocek sekitar Rp5 ribuan saja. Murah, bukan?

Konon, es drop telah ada sejak zaman penjajahan sehingga disebut jajanan legendaris Blitar. Pabriknya didirikan pada 1937 dengan nama “Es Drop Burung Betet”. Tahu nggak jika pada awalnya si pemilik pabrik sama sekali nggak berminat membuka usaha es. Malahan saat awal membuka pabrik, usahanya adalah rokok. Namun karena usaha rokok tersebut nggak berhasil, ia pun beralih berjualan es drop yang akhirnya sukses bertahan hingga saat ini. Kini, pabrik tersebut sudah ditangani oleh generasi ketiga.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba kesegaran rasa es drop?

Loading...

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red