Siapa yang tidak tahu iPhone? Hampir semua orang mengetahui smartphone ini. Ketika peluncuran iPhone 6 dan 6 plus, banyak yang menertawakannya karena masih menggunakan RAM sebesar 1GB layaknya seperti smartphone dengan harga yang murah. Namun apakah benar 1GB di iPhone tidak cukup untuk keperluan multitasking?

Sistem operasi iOS merupakan sistem operasi buatan Apple yang hanya dioptimalkan untuk perangkat keras buatan Apple itu sendiri. Manajemen aplikasi dalam iOS tentunya sangat berbeda dengan sistem operasi yang sudah ada. Setidaknya seperti yang dilansirCultOfMacmenjelaskan bahwa iOS memiliki pendekatan berbeda.

Dikutipdari macpoin.com,Misalnya saja Android, karena mereka menggunakan Java maka mereka akan mempunyai fitur yang disebut dengangarbage collection. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengumpulkan dan mendaur-ulang memori yang sudah digunakan aplikasi.

Bermanfaat? Memang, namun ada efek sampingnya. Fitur ini juga butuh memori untuk bisa berjalan. Hal inilah yang menyebabkan Android menjadi lebih mudah lemot jika memori RAM mereka sangat sedikit.

Fitur inilah yang menyebabkan Android masih terasa lemot walaupun sudah menggunakan RAM 2GB. Jadi iOS hanya menggunakan memorinya hanya jika dibutuhkan. Tidak perlu lagi tambahan memori untuk menjalankan sesuatu sepertigarbage collectiondi Android seperti yang dilansirmacpoin.com.

Saat ini iPhone 5 dan 6 masih layak kok kalian beli, performanya masih mantap untuk memainkan game-game berat saat ini.