×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mengapa huruf 'k' digunakan sebagai simbol ribuan? Ini penjelasannya

0

Wow

Mengapa huruf 'k' digunakan sebagai simbol ribuan? Ini penjelasannya

Pernahkah ketika akan membeli sesuatu, tetapi saat melihat harganya tertera simbol huruf 'k' sebagai pengganti kata ribuan? Ini penjelasannya

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Muhammad Haryo Pambudi

13 / 08 / 2021 09:54

Pernahkah ketika kamu membeli sesuatu, tetapi saat melihat harganya tertera simbol huruf k sebagai pengganti kata ribuan? Tentunya kamu penasaran kan mengapa tidak pakai angka ribuan saja?

Sistem kilo itu tidak hanya digunakan untuk menentukan jarak tempuh (kilometer) dan berat suatu benda (kilogram) saja, tetapi juga bisa digunakan untuk satuan harga. Jadi simbol huruf k dalam harga suatu barang itu menyatakan angka ribuan.

Contohnya seperti ini:

1k = 1000

10k = 10.000

Loading...

100k = 100.000

1000k = 1.000.000

Penggunaan huruf k sebagai simbol ribuan dalam harga ternyata sudah digunakan sejak sekitar tahun 1940-an loh. Selain ditemukan di tempat belanja seperti di mal dan toko, penggunaan huruf k sebagai simbol angka ribuan juga bisa kita temukan saat belanja secara online, forum jual beli, hingga media sosial yang sering kita gunakan. Penggunaan huruf k sebagai simbol ribuan juga dapat digunakan untuk pixel, contohnya seperti kualitas video yang ada di YouTube terdapat resolusi 2k, 4k, dan 8k.

Manfaat penggunaan huruf k sebagai simbol ribuan dalam harga.

Terdapat dua manfaat yang bisa didapat dalam penggunaan huruf k sebagai simbol ribuan dalam angka, yaitu lebih mudah disebutkan dan lebih ringkas—sehingga lebih hemat tempat.

Asal usul sistem kilo.

Apakah kamu sudah mengetahui asal usul sistem kilo? Jika belum, tenang saja kita akan mengetahui bersama sama melalui tulisan ini.

Asal-usul kilo berasal dari bahasa Yunani dengan kata "chilioi" yang memiliki arti banyak alias bersifat jamak. Sistem kilo ini sudah digunakan dalam sistem internasional untuk mengukur berat dan jarak.

Itulah alasan mengapa huruf k dijadikan simbol angka ribuan. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red