Kulit wanita dan pria sangatlah berbeda, kulit wajah pria cenderung lebih kasar dan juga mengeluarkan minyak lebih banyak daripada kulit wanita, apalagi bagi pria yang sering beraktivitas diluar ruangan dan terpapar sinar matahari yang dapat membuat kulit menjadi gelap dan juga dapat merusak kulit.

Perawatan wajah agar terlihat lebih putih tidak hanya untuk wanita lho, pria pun bisa merawat wajah mereka agar terlihat lebih putih dan cerah. Nah bagi anda seorang pria yang ingin memutihkan dan mencerahkan kulit wajah, berikut ini cara memutihkan wajah pria yang hitam

1. Mencuci Muka

Kulit cowok cerah dan putih alami bukan impian, ini 9 tips ampuhnya

Mencucilah wajah anda dengan rutin sebanyak 2 kali dalam sehari, karena jika lebih dari itu maka akan membuat wajah anda kehilangan minyak alaminya. Gunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan kulit anda.


2. Tomat

Kulit cowok cerah dan putih alami bukan impian, ini 9 tips ampuhnya

Cara memutihkan kulit wajah pria yang hitam selanjutnya adalah dengan tomat. Tomat mengandung lycopene yang berguna sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas pada kulit, mencerahkan kulit yang kusam, dapat mengurangi jerawat, dan juga melindungi wajah dari bahaya sinar UV yang dapat merusak kulit wajah. Anda dapat menggunakan tomat ini sebagai masker, berikut ini cara memutihkan wajah dengan tomat:

- Siapkan 1 buah tomat, lalu cuci bersih.
- Potong-potong tomat menjadi ukuran yang lebih kecil agar memudahkan proses penghalusan.
- Haluskan tomat.
- Setelah tomat di blender, tuanglah kedalam wadah.
- Oleskan tomat yang sudah di blender tadi pada wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas.
- Gunakan masker tomat ini secara rutin setiap malam hari.

Memakan buah Tomat juga dapat untuk mencerahkan kulit wajah dari dalam agar dapat mengurangi bakteri akibat jerawat.


3. Lidah Buaya

Kulit cowok cerah dan putih alami bukan impian, ini 9 tips ampuhnya
Lidah buaya bermanfaat untuk menenangkan kulit karena mengandung 95% air dan vitamin penting lainnya untuk kesehatan kulit. Selain menenangkan dan juga mendinginkan kulit juga bermanfaat untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati, anti bacterial, dan anti aging.

Cara memutihkan wajah dengan lidah buaya:

- Siapkan 1 daun lidah buaya ukuran sedang.
- Cuci hingga bersih.
- Pisahkan antara daging dan kulit lidah buaya.
- Oleskan daging lidah buaya pada wajah, tunggu hingga 15 menit.
- Lalu bilas dengan bersih.

4. Kentang

Kulit cowok cerah dan putih alami bukan impian, ini 9 tips ampuhnya

Kulit anda terbakar karena sinar matahari? Anda dapat menggunakan kentang sebagai masker wajah, untuk meringankan kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Kentang juga mempunyai manfaat untuk mengembalikan warna kulit akibat pigmentasi dari sinar matahari. Vitamin A, C, dan B yang terkandung pada kentang juga sangat baik untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Berikut ini cara memutihkan wajah dengan kentang:

- Siapkan satu buah kentang yang telah direbus sebelumnya.
- Haluskan kentang.
- Campur dengan susu secukupnya.
- Oleskan pada wajah.
- Diamkan selama 15-20 menit.
- Lakukanlah cara ini dengan teratur 3 kali seminggu.

5. Telur

Kulit cowok cerah dan putih alami bukan impian, ini 9 tips ampuhnya
Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan telur. Kandungan protein, vitamin A, dan enzim yang ada pada telur sangat baik untuk memperbaiki kulit wajah yang sering terpapar sinar matahari. Maka dari itu anda dapat menggunakan putih telur sebagai masker wajah, caranya yaitu:

- Siapkan satu butir telur ayam negeri atau bisa juga dengan telur ayam kampung.
- Pisahkan antara kuning dan putihnya, karena yang dibutuhkan untuk masker wajah adalah putih telurnya saja.
- Kocok putih telur hingga merata.
- Oleskan pada wajah hingga merata.
- Diamkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

6. Teh Hijau

Kulit cowok cerah dan putih alami bukan impian, ini 9 tips ampuhnya
Teh hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik bagi kulit untuk menangkal radikal bebas. Selain itu teh hijau juga memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai penenang kulit yang terbakar dan membuat kulit anda terasa segar kembali.

Cara memanfaatkan teh hijau, anda hanya perlu mengoleskan bubuk teh hijau pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya, pijat dengan lembut, lalu anda dapat membilasnya.
Selain perawatan dengan teh hijau dari luar, anda juga bisa melakukan perawatan teh hijau dari dalam, dengan meminumnya setiap hari agar hasil yang anda dapatkan lebih maksimal.

7. Scrub Gula dan Madu

Kulit cowok cerah dan putih alami bukan impian, ini 9 tips ampuhnya
Aktivitas di luar ruangan memang sangat menyenangkan, namun juga dapat membuat kulit wajah dan tubuh menjadi kusam, berminyak, lengket dan juga banyak sel-sel kulit mati yang menumpuk. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan scrub, jika anda sudah mulai bosan dengan scrub yang dijual di pasaran, tidak ada salahnya untuk mencoba scrub alami yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Selain menghemat pengeluaran anda, membuat scrub alami juga terbukti lebih efektif dan aman dibandingkan dengan scrub yang dijual di pasaran yang mungkin ada tambahan zat berbahaya lainnya. Berikut ini cara yang dapat kita coba untuk membuat scrub alami:

- Siapkan 10 sendok makan madu.
- Siapkan 5 sendok makan gula pasir.
-Taruhlah madu dan gula pasir dalam wadah.
- Aduk hingga merata.
- Oleskan pada wajah maupun bagian tubuh lainnya, yang dilanjutkan dengan pijatan lembut dengan arah memutar untuk mengangkat sel-sel kulit mati.
- Diamkan selama beberapa saat.
- Bilaslah dengan bersih.

Hasilnya wajah dan tubuh pun menjadi halus dan lembut. Lakukan cara ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

8. Lemon

Kulit cowok cerah dan putih alami bukan impian, ini 9 tips ampuhnya
Salah satu buah yang juga dapat membuat wajah cerah adalah lemon. Sari buah lemon banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk produk perawatan kulit. Wajah yang hitam dan warna yang tidak merata akibat sinar matahari pun dapat cerah kembali dengan menggunakan lemon ini sebagai masker, berikut ini caranya:

- Peraslah buah lemon.
- Tambahkan sedikit madu pada perasan lemon tadi.
- Aduk hingga merata.
- Oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit.
- Lalu bilas hingga bersih.
- Gunakan masker lemon ini secara teratur sebanyak dua kali dalam seminggu.

Selain sebagai masker, anda juga dapat membuat semprotan air lemon yang berguna untuk mencerahkan kulit dan menyegarkan wajah, caranya:

- Peras buah lemon.
- Campurkan dengan 50 ml air.
- Tuangkan ke dalam botol spray.
- Gunakanlah spray lemon ini saat anda membutuhkannya.

9. Sunblock

Kulit cowok cerah dan putih alami bukan impian, ini 9 tips ampuhnya

Saat matahari sedang terik-teriknya dan anda harus beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunblock. Sunblock adalah tabir surya yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya sengatan matahari. Sebaiknya anda menggunakan sunblock yang sesuai dengan jenis kulit anda, jika tidak sesuai dengan jenis kulit anda maka kulit anda akan mengalami masalah.

Selain cara memutihkan kulit wajah pria yang hitam di atas, berikut ini adalah tips dan trik yang dapat diterapkan untuk mencegah wajah anda tidak hitam akibat sinar matahari:

Kulit cowok cerah dan putih alami bukan impian, ini 9 tips ampuhnya

- Saat keluar ruangan dalam waktu yang cukup lama sebaiknya menggunakan topi.
- Krim SPF: juga bisa menggunakan krim, sebaiknya gunakanlah yang mengandung SPF. Bahkan saat cuaca mendung pun anda disarankan untuk tetap menggunakan krim ber SPF karena sinar matahari tetap dapat menembus awan.

Hindarilah untuk terlalu lama di bawah terik matahari meskipun sudah menggunakan krim ber SPF.

Wajah menghitam memang dapat mengganggu penampilan seseorang, maka dari itu tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu cara untuk memutihkan kulit wajah pria yang hitam akibat sinar matahari di atas. Semoga dapat membantu, dan selamat mencoba.