Akhir-akhir ini, jagat sepak bola tengah dirisaukan dengan status dari sebuah kota di Spanyol, yakni Katalan. Mereka menginginkan sebuah referendum agar dinobatkan menjadi sebuah negara. Hal itu memicu pertentangan dan konflik di berbagai pihak. Dalam dunia sepak bola, Barcelona menjadi tim yang paling diisukan akan pindah apabila kota itu merdeka.

Namun, ada sebuah fakta unik yang muncul apabila Katalanmerdeka. Jika negara tersebut berdiri secara independen, mereka akan memiliki tim nasional sepak bola sendiri. Dilansir dari sokka.com, ini dia 11 pemain utama Katalan andai negara mereka benar-benar terbentuk. Bisa bersaing dengan negara langganan juara?

Kiko Casilla sebagai Kiper

Membayangkan formasi timnas Katalan jika merdeka dari Spanyol

Lahir di Tarragona, Katalan, Kiko Casilla akan menjadi penjaga gawang di negara baru tersebut. Kualitasnya sudah teruji karena ia merupakan kiper kedua dari klub besar Real Madrid. Lebih lanjut, ia pastinya akan mau bergabung karena kesulitan menembus skuad utama Spanyol yang dihuni kiper berkualitas semacam De Gea.

4 Pemain Bertahan Asal La Masia

Membayangkan formasi timnas Katalan jika merdeka dari Spanyol

Jordi Alba, Bartra, Pique dan Bellerin memang bermain untuk klub yang berbeda. Namun, mereka merupakan pemuda asli Katalan yang besar di akademi Barcelona, yakni La Masia. Jika benar-benar merdeka, negara ini pasti akan menjadi salah satu tim yang mana memiliki skuad cukup mumpuni. Selain mereka berempat, masih ada lagi beberapa nama potensial dari negara tersebut. Siap merdeka, Katalan?

2 Pemain Akademi Barcelona Dan 1 Pemain Girona

Membayangkan formasi timnas Katalan jika merdeka dari Spanyol

Sergio Busquet dan Cesc Fabregas menjadi 2 pemain gelandang yang pastinya akan mengisi pemain tengah negara tersebut. Satu slot lagi akan diisi pemain asal klub Girona yang bernama Pere Pons. Ia pernah bermain bersama timnas Katalan pada tahun 2016 lalu dalam partai persahabatan. Skuad pemain yang cukup hebat ini bisa saja membuat negara lain khawatir apalagi dengan predikat kuda hitam mereka bisa saja semakin digdaya layaknya Belgia saat ini.

2 Pemain Barcelona dan 1 Striker Asal Espanyol

Membayangkan formasi timnas Katalan jika merdeka dari Spanyol

Sergi Roberto dan Deulofeu akan menjadi 2 penyerang sayap yang akan memberikan umpan manis terhadap striker potensial asal Espanyol, Gerard Moreno. Khusus untuk Roberto, ia adalah pemain multifungsi yang dapat bermain di berbagai sektor. Oleh karena itu, ia merupakan aset muda terbaik dalam negara ini. Walaupun didominasi skuad asal klub Barcelona, Katalan nampaknya memiliki masa depan cerah apabila merdeka. Good Job!