×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Melalui single bertajuk 'Ingkar', Tulus berkisah soal sulitnya move on

0

Musik

Melalui single bertajuk 'Ingkar', Tulus berkisah soal sulitnya move on

Setahun setelah merilis single Adaptasi pada Mei 2020 lalu, Tulus kini hadir kembali dengan membawa single Ingkar.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Meralda Juliana Purada Tobing

14 / 08 / 2021 12:16

Para pendengar yang sudah menanti karya baru dari penyanyi sekaligus penulis sejumlah single hit seperti Sewindu, Sepatu, Monokrom, dan Manusia Kuat ini akhirnya dapat menikmati kembali suara sang musisi dalam rilisan baru bertajuk Ingkar. Tulus resmi merilis Ingkar pada hari Jumat, 13 Agustus 2021. Pada tanggal 08 Agustus 2021 sebelumnya, Tulus melalui akun Instagram @tulusm sudah memberi kesempatan bagi para penggemar untuk mendengar bagaimana ia menyanyikan sedikit bagian dari lagu barunya itu.

Tidak seperti lagu-lagu rilisan Tulus dalam album Tulus, Gajah, dan Monokrom sebelumnya yang banyak mengangkat kisah pengungkapan rasa cinta kepada orang terkasih, kagum diam-diam pada seseorang, cerita cinta yang bertepuk sebelah tangan, hingga motivasi untuk bangkit dari keterpurukan, Tulus kini mengajak kita untuk menyelami fenomena sulitnya move on.

"Aku coba dengan yang baru
Kukira hilang bayangmu
Namun tiap dengan yang baru
Rasanya seperti ku berbohong dan curangimu"

Melalui Ingkar, Tulus seperti menceritakan kisah tentang sepasang kekasih yang sudah sepakat untuk berpisah namun pada kenyataannya, setelah sudah menjalani cerita baru bersama dengan orang lain, mereka tetap tidak dapat saling melupakan satu sama lain. Ingkar turut menjadi bentuk pengungkapan tentang perenungan kembali apakah keputusan untuk mengakhiri hubungan sudah tepat mengingat rasa rindu masih ada dan selalu ada upaya mengarang alasan untuk saling bertemu; mungkin hanya membutuhkan waktu saja untuk menerima keadaan yang sudah tidak lagi bersama atau sebenarnya justru mengingkari hati yang masih saling mencintai.

Ingkar rupanya mengalami proses yang tidak instan; pada September 2019, melodi lagu ini lah yang lebih dulu muncul dan diciptakan Yoseph Sitompul. Tulus kemudian mulai menuliskan tuturan indah yang menjadi lirik dalam lagu Ingkar pada Oktober 2019. Ingkar kembali diproduseri oleh Ari Renaldi yang telah berhasil meramu dengan apik lagu-lagu hit Tulus sebelumnya. Unsur haru dan megah dalam lagu ini turut menjadi-jadi berkat adanya alunan orkestra hasil aransemen maestro ternama, Erwin Gutawa, yang kemudian melengkapi Ingkar pada tahun 2021. 

Loading...

Selain merilis Ingkar dalam bentuk audio yang sudah dapat didengarkan di berbagai platform streaming musik, seperti Spotify, Apple Music, Resso, Deezer, Joox, YouTube Music, hingga Langit Musik, Tulus juga menghadirkan video lirik yang diunggah melalui kanal YouTube Tulus. 

Tulus kembali menghadirkan kejutan bagi para pendengarnya dengan merilis video live performance bertajuk Tulus - Ingkar (Langsung) dalam kanal YouTubenya. Kualitas suara Tulus dalam rekaman studio sama bagusnya dengan suaranya ketika membawakan Ingkar secara langsung. Tulus berhasil mengobati kerinduan pendengar untuk menyaksikan dirinya manggung secara live setelah Pandemi Covid-19 yang menghantam Indonesia sejak Maret 2020 lalu telah menutup banyak kesempatan diadakannya gig musik secara tatap muka.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Tulus Ingkar
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red