Pola hidup sehat di era serba instan ini. Hampir setiap hari kita mengkonsumsi karbo, karbo dan karbon. Salah satu alasan, yaitu orang Indonesia terbiasa untuk mengkonsumsi nasi putih. Rada, kalori yang tersimpan dalam 100 gram nasi putih mencapai 129 kalori. Selain itu Indeks glikemik yang tinggi terkandung dalam nasi putih, jadi mudah menjadi gula dan cepat diserap tubuh. Oleh karena itu penderita diabetes melitus harus dihindari agar kadar gula darah tidak naik.

Banyak solusi untuk mencari makanan pengganti nasi putih, seperti jelai, sorgum, jagung, ubi jalar, kentang sampai singkong. Tapi lagi-lagi karena tekstur dan rasanya yang berbeda dengan nasi, diet tidak bertahan lama.

Nah, kali ini, Sobat Brilio, bisa mencoba nasi yang sehat, yang berasal dari Beras Siger alias nasi tiwul. Kenapa? Karena nasi ini enak, sehat sehat. Penasaran, berikut fakta-faktanya.

1. Beras Siger berasal dari Singkong

Bahan baku beras yang singkong yang dihasilkan dari eksperimen Beni Hidayat, Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) Politeknik Negeri Lampung. Dengan menggunakan Granulator ia berhasil menyulap pati singkong menjadi butiran beras.

2.Kandungan Gizi

Kandungan kalori beras Siger, yaitu protein sebesar 2,4 persen, lemak 0,46, serat kasat 3,72, Kabohidrat 81,48 persen serta Kalori dengan kadar 339,89.

3. Mudah memasaknya

Beras ini bisa masak menggunakan rice cooker layaknya beras dari gabah, tanpa harus dilakukan perendaman dahulu. Jadi prosesnya mudah alias gak ribet.

4. Enak rasanya, Cocok untuk Diet

Salah satu yang pernah mencoba beras ini adalah Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo. Gubernur muda ini m engatakan pernah selama dietingan mengkonsumsi Beras Siger.

"Rasanya enak, sepert beras biasa. Kita kenyang, tapi tetap sehat," kata Gubernur.

5. Dibawa BJ. Habibie ke Jerman

Mantan Presiden kita BJ.Habibie juga pernah memboyong beras ini ke Jerman. Luar biasa bukan? Berkata terobosan beras Siger ini, Pemprov Lampung juga meraih penghargaan Budhipura tahun 2015 Kategori Kelembagaan Sistem Inovasi Daerah.

Jadi, kalau yang Sobat ingin hidup sehat tapi tetap kenyang, silakan mencoba Beras Siger.