Lima tahun lalu, dalam perhelatan Nickoledeon Kids Choice Award (KCA), penyanyi berprestasi asal Filipina, Charice Pempengco berhasil mengalahkah sejumlah bintang Asia lainnya. Di antaranya yang berhasil disisihkan yakni Agnez Mo (Indonesia), Yuna (Malaysia), dan Wonder Girls (Korea) dalam kategori Favourite Asian Act tepatnya Maret 2012 lalu, di Los Angeles, Amerika Serikat.

Mengawali karier bermusiknya dari kanal YouTube, penyanyi kelahiran tahun 1992 ini, terus mengasah bakatnya hingga mampu go internasional. Tahun 2010, ia merilis album internasional bertajuk "Charice". Album ini sukses menembus tangga lagu Billboard 200, peringkat-8. Tentu saja, prestasi ini menjadikan Charice sebagai penyanyi solo Asia pertama dalam sejarah yang mampu masuk Top 10 Billboard 200.

Ingat penyanyi Asia teman duet Celine Dion? Begini nasibnya sekarang

Single Pyramidmiliknya menjadi yang paling sukses hingga kini, menempati 40 peringkat teratas di sejumlah negara dan tampil di The Oprah Winfrey Show. Lewat Oprah pula, akhirnya Charice mendapat kesempatan untuk berduet langsung bersama diva idolanya, Celine Dion di Madison Square Garden. Performa duetnya itu pun menjadi viral, hingga Charice ditawari untuk bermain dalam serial TV Glee, dan berperan sebagai Sunshine Corazon.

Sederet musisi dunia sudah berkolaborasi bersamanya, selain Celine Dion dan mendapat kesempatan dimentori David Foster, single Before it Explodes juga ditulis oleh Bruno Mars untuk album internasional keduanya, Infinity. Bulan Maret 2012 saat usianya masih 20 tahun, ia ditunjuk sebagai salah satu juri The X Factor Filipina yang disiarkan di ABS-CBN.

Ingat penyanyi Asia teman duet Celine Dion? Begini nasibnya sekarang

Di tengah, sederet prestasi dan popularitasnya itu, tak banyak orang tahu jika Charice mengalami ketidaknyamanan sebagai perempuan. Tahun 2013, ia membuat pernyataan mengejutkan tentang orientasi seksualnya di Oprah Winfrey Show, bahwa dirinya adalah seorang lesbian.

Ingat penyanyi Asia teman duet Celine Dion? Begini nasibnya sekarang

Empat tahun berlalu, belum lama ini, Charice menghapus akun resminya di media sosial dan mengumumkan pergantian namanya menjadi Jake Zyrus. Penyanyi yang terlahir dari keluarga sederhana Filipina ini, mengaku jika merasa lebih nyaman menjadi seorang lelaki.

Ditunggu terus karya-karyanya...