×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Makna tersurat dan tersirat di balik lagu Gundul-Gundul Pacul

0

Musik

Makna tersurat dan tersirat di balik lagu Gundul-Gundul Pacul

Gundul-Gundul Pacul merupakan lagu ciptaan Sunan Kalijaga sejak tahun 1400-an dan masih relevan dengan kondisi sekarang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hendri Setyawan

24 / 09 / 2019 13:16

Budaya Jawa tidak ada habisnya untuk digali dan dikagumi, salah satunya adalah lagu Gundul-Gundul Pacul. Gundul-Gundul Pacul merupakan lagu ciptaan Sunan Kalijaga sejak tahun 1400-an dan masih relevan dengan kondisi sekarang. Namun, siapa yang menyangka kalau di dalam lagu tersebut tersimpan pesan yang sangat penting.

Lagu ini biasanya banyak diperdengarkan oleh orang tua saat masa kecila anaknya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membedah secara padat lagu Jawa klasik yang berkembang dan mendarah daging bagi masyarakat Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Pada era modern, lagu Gundul-Gundul Pacul bisa tetap menjadi lagu perkenalan kehidupan bagi anak kecil.

Lirik lagu Gundul-Gundul Pacul.

Baris 1: Gundul-gundul pacul cul

Baris 2: Gemblelengan

Loading...

Baris 3: Nyunggi-nyunggi wakul kul

Baris 4: Gemblelengan

Baris 5: Wakul ngglempang segone dadi sak ratan

Baris 6: Wakul ngglempang segone dadi sak ratan

Nah, itu tadi lirik lengkap lagu yang berjudul Gundul-Gundul Pacul. Selanjutnya mari kita bedah lagu dari baris per baris. Setiap baris akan dilengkapi dengan lirik asli, terjemahan ke Bahasa Indonesia, dan pembedahan makna lirik.

Baris 1: Gundul gundul pacul cul~

(Gundul merupakan kata sapaan/panggilan pada seseorang yang sudah memangkas rambutnya hingga plontos/gundul)

Makna baris 1: Seorang yang menjadi pemimpin mulanya dipotong gundul rambutnya. Artinya dalam budaya Jawa, membuang segala pikiran kehendak buruk dan memasukkan segala ide cerdas serta bagus sebagai awal baik tingkah laku yang nanti dilakukan.

Baris 2: Gemblelengan~

(Dapat diartikan sempoyongan, tidak tegas)

Makna baris 2: Secara garis besar, menjadi seorang pemimpin yang baik harus mampu bertahan dalam berbagai kondisi dan godaan sehingga harus berlaku tegas tunduk pada hukum.

Baris 3: Nyunggi-nyunggi wakul kul~

(Memikul wakul/bakul, tempat nasi/beras yang terbuat dari anyaman bambu)

Makna baris 3: Seorang pemimpin tersebut mempunyai tanggung jawab menjaga amanah, kepercayaan rakyat. Amanah rakyat yang dijunjung tinggi dengan pikiran dan akal pemimpin yang cerdas.

Baris 4: Gemblelengan~

(Dapat diartikan sempoyongan, tidak tegas)

Makna baris 4: Seorang pemimpin yang memegang amanah rakyat harus mampu bertahan dalam berbagai kondisi dan godaan sehingga harus berlaku tegas tunduk pada hukum.

Baris 5: Wakul ngglempang segone dadi sak ratan~

(Wakul/bakul yang dipikul jatuh dan isinya tumpah di jalanan)

Makna baris 5: Ketika pemimpin tergoda untuk berlaku tidak terpuji maka dapat dipastikan amanah yang diembankan rakyat pada pemimpin tidak utuh lagi. Pemimpin yang berlaku buruk akan membuat masyarakat tidak dapat makan (sengsara).

Baris 6: Wakul ngglempang segone dadi sak ratan~

(Wakul/bakul yang dipikul jatuh dan isinya tumpah di jalanan)

Makna baris 6: Ketika pemimpin tergoda untuk berlaku tidak terpuji maka dapat dipastikan amanah yang diembankan rakyat pada pemimpin tidak utuh lagi. Pemimpin yang berlaku buruk akan membuat masyarakat tidak dapat makan (sengsara).

Nah, dari pembedahan makna lirik lagu Gundul-Gundul Pacul di atas kita bisa belajar tentang hubungan pemimpin dan rakyat. Budaya Jawa secara tidak sengaja telah mengajarkan untuk berperilaku politik yang santun.

Nah, sekarang kamu harus juga tahu tentang lagu-lagu zaman waktu kecil. Sekian dan terima kasih. Salam senyum.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red